Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tas Kulit Model Klasik Punya Penggemar Setia

Kompas.com - 20/03/2011, 08:33 WIB

KOMPAS.com - Tas model klasik berbahan dasar kulit punya penggemar setia. Seperti koleksi Tod's buatan Italia dengan ikon ternamanya, model D Bag, yang hadir sejak 1997. Tas yang dirancang dengan ketelitian tinggi dan menggunaan kulit berkualitas ini dipamerkan 18-20 Maret 2011 di Plaza Indonesia Main Atrium Level 1, untuk memeriahkan ulang tahun Plaza Indonesia ke 21.

Dalam pameran bertajuk Tod's Artisan, Plaza Indonesia mendatangkan langsung pembuat tas Tod's dari Italia, Antonio Bordoni. Bordoni memeragakan cara pembuatan tas kulit klasik Tod's di depan para penggemar dan pengoleksinya.

Tod's tersedia dalam dua model, D-styling 2manici grande warna merah, cokelat, ambra, dan putih. Model lainnya adalah D-styling bauleto media warna kuning, orange, hijau, hitam, coklat, dan putih.

Di tengah keasyikannya membuat tas, Bordoni menjawab sejumlah pertanyaan dari penggemar Tod's. Kebanyakan pengunjung pameran menanyakan perawatan dan masalah pada tas. Listia, pemilik galeri di Kemang, salah satunya. Bordoni bahkan meminta Listia membawa tasnya ke pameran untuk diperiksa langsung olehnya.

Bordoni menjelaskan, Tod's menggunakan bahan kulit yang diproses selama dua tahun. Salah satu proses pembuatan kulit harus melewati perendaman di air garam. Menurutnya proses pembuatan kulit ini memengaruhi warna, namun memudahkan saat membersihkan tas nantinya. Ia menyarankan, tas kulit sebaiknya dibersihkan dengan kain lembut yang dibasahi air dan digosokkan perlahan pada bagian yang terkena noda atau kotoran. Lalu, jemur dengan dianginkan di udara luar. Setelah kering, lapisi tas dengan krem.

Menurut Listia, kualitas bahan dan model klasik bikin koleksi D Bag banyak digemari. Saat memilih tas, ia lebih mempertimbangkan fungsi, dan kenyamanan bukan sekadar merek atau tren. Tas keluaran Tod's sudah dikoleksinya sejak 1993, dan hingga kini tasnya masih terjaga penampilannya. Perawatan memengaruhi umur tas, karenanya Listia tak bosan membersihkan tas setiap kali usai digunakan.

"Bersihkan dengan lap, dianginkan, dan masukkan kembali dalam sarung sebelum disimpan," jelasnya kepada Kompas Female

Alice Ngadio, Brand Manager Tod's, mengatakan bahwa tas model klasik digemari berbagai segmen usia. Perempuan usia 23 tahun juga mulai mengoleksi tas klasik. Namun rata-rata penggemar Tod's berada di kisaran 28-40 tahun. Antusiasme penggemar tas klasik semakin tinggi saat Tod's menggelar diskon setiap Juni dan Desember tiap tahunnya. Rupanya, tak hanya Kate Middleton, Jessica Alba, Demi Moore, dan Katie Holmes, yang menggemari tas klasik ini, tetapi juga para perempuan penggemar setianya di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com