Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permainan Kartu untuk Anak "Picky Eater"

Kompas.com - 03/04/2011, 12:18 WIB

KOMPAS.com - Anda tentu memiliki berbagai cara mengatasi masalah klasik anak sulit makan, memilih makanan atau picky eater.  Namun jika cara lama tak lagi ampuh, Anda perlu mencari kreativitas lain melalui permainan. Ajak si picky eater untuk memilih sendiri makanan mereka melalui permainan kartu.

Tahap awal, siapkan kartu pemilih warna hijau, kuning, dan merah untuk anak Anda. Tuliskan inisial nama anak pada masing-masing kartu. Kartu berwarna hijau berarti "Ya", kuning maknanya "Mungkin", sedangkan merah tandanya "Tidak".   

Langkah kedua, ajak anak mulai mencoba variasi makanan yang disediakan. Berikan mereka kesempatan memilih menggunakan kartu mereka. Bebaskan anak memberikan pilihan sesuai warna kartu. Anak harus menaruh kartu (sesuai pilihan warna mereka) di samping sampel makanan di meja makan.   

Tahap ketiga, foto pilihan kartu yang diletakkan di samping makanan. Atau cara lain, siapkan stiker, tuliskan nama makanan di stiker tersebut, kemudian tempelkan stiker pada kartu yang dipilih anak.

Terakhir, tempelkan kartu pilihan anak-anak dalam karton yang dipajang di dapur atau meja makan. Dengan demikian, anak akan melihat pilihan makanan yang mereka buat sendiri setiap kali waktu makan tiba. Tempelan kartu pilihan makanan ini juga bisa menjadi panduan bagi pengasuh anak atau keluarga. Panduan makan untuk anak ini tentunya akan berguna saat Anda dan suami tak sedang berada di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com