Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramuan Alami Saat Si Kecil Pilek

Kompas.com - 03/04/2011, 18:52 WIB

KOMPAS.com - Cuaca tak menentu mudah mendatangkan penyakit kepada anak, termasuk gejala pilek. Jika sudah terserang flu, sebaiknya anak beristirahat di rumah. Sambil istirahat Anda bisa membuatkan ramuan alami untuk menghangatkan tubuhnya. Inilah yang kerap dilakukan Chef Rina Poerwadi saat putrinya, Stephanie Alexandra Rich, terserang flu. Profesinya sebagai praktisi Holistic Natural Health dan instruktur memasak di komunitas Mom Can Cook membuat Rina tak henti bereksplorasi dengan minuman herbal dan makanan sehat untuk anak-anak. Salah satunya, resep minuman herbal yang juga dimuat dalam buku perdananya, Hidangan Favorit Anak.

Rina membuatkan teh jahe yang harus diminum Stephanie tiga kali sehari saat flu. "Berikan anak teh jahe dalam cangkir kecil, tiga kali sehari saat terserang pilek. Teh jahe akan membuat tubuh hangat dan pilek tidak menjalar ke batuk," jelasnya.

Sederhana saja cara membuatnya. Siapkan bahan 250 gr jahe segar, kupas, memarkan. Bahan lainnya, air satu liter, setengah cangkir air panas, satu iris jeruk lemon, dan satu sendok teh madu. Cara menyiapkannya:

1. Rebus jahe dengan air hingga mendidih, lalu angkat jahe saat berwarna kemerahan.
2. Biarkan air jahe dingin, masukkan ke dalam botol, tutup rapat. Simpan dalam lemari es.
3. Campur setengah cangkir teh jahe dingin dengan air panas, jeruk lemon, dan madu. Aduk hingga rata dan hidangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com