Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartini Masa Kini Punya Delapan Tangan

Kompas.com - 21/04/2011, 13:06 WIB

KOMPAS.com - Keluarga yang baik menjadi modal seseorang untuk bisa melakukan apapun. Basis keluarga yang kuat akan memberikan ketenangan, sehingga kelak membentuk pribadi yang sukses.

Nah, perempuan punya peran seimbang dan setara dengan laki-laki dalam menciptakan basis keluarga kuat ini. Pakar etika, Mien Uno, mengatakan peran perempuan fleksibel dalam keluarga. Perempuan berusia 70 yang selalu bersemangat ini mengungkapkan bahwa Kartini masa kini adalah perempuan dengan delapan tangan.

"Perempuan adalah istri, mitra aktif, pendidik, juga profesional di bidangnya," jelas Mien, di sela Women Executive Forum bertema "Women Empowerment: New Age Women", yang diadakan Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women di Graha Niaga, Jakarta, Kamis (21/4/2011).

Delapan tangan yang dimiliki Kartini masa kini seperti dijelaskan Mien di antaranya proteksi, moral, memerhatikan edukasi, peduli pada kecantikan, mampu berkomunikasi, punya visi, merawat anak-anak, dan memerhatikan kesehatan. Untuk mampu melakukannya, perempuan perlu meningkatkan wawasan selain juga percaya diri menampilkan pribadinya.

Banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk mewujudkan pribadi lengkap dan fleksibel ini. "Baca buku untuk menambah wawasan. Yang paling penting dalam diri individu adalah behaviour, lalu brain dan be healthy," tutup Mien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com