Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Cara Kuno dalam Ber-"Makeup"

Kompas.com - 28/05/2011, 18:17 WIB

KOMPAS.com — Bagi makeup artist ternama seperti Bobbi Brown, merias wajah sebenarnya tak perlu aturan kaku yang harus diterapkan dari waktu ke waktu. Bahkan, Brown yang memiliki bisnis kosmetik bernilai miliaran dollar AS itu sering sekali ber-makeup dengan melawan aturan yang ada.

“Saya selalu menjadi pemberontak seumur hidup saya. Dan dalam urusan menentukan riasan yang cocok, saya percaya setiap orang punya rumusnya masing-masing,” ucapnya antusias.

Bagi Brown, setiap orang memiliki karakter kecantikannya masing-masing. Untuk itu, kita harus mengerti bagaimana memformulasikan aplikasi kosmetik yang tepat bagi diri kita masing-masing. Dan atas nama kebebasan menunjukkan karakter kecantikan diri, Brown tak segan-segan membagikan tipsnya.

Aturan baku: Shimmery makeup tak boleh dipakai pada siang hari, apalagi jika kita sudah berusia 30 tahun ke atas.
Lawan aturannya dengan: Shimmery makeup justru bisa mengeluarkan kecantikan kita sepanjang hari. Sebab, formula shimmery saat ini tidak banyak menggunakan glitter sehingga kita tak perlu takut terlihat berlebihan menggunakan makeup. Itu mengapa shimmery justru bisa membuat kita terlihat lebih muda karena partikel yang dibuat saat ini sangat lembut.

Gunakan warna atau coklat sebagai shades pada riasan kita. Warna-warna ini aman dipakai untuk siang dan malam hari. Tapi ingat, jangan semua riasan yang kita pakai adalah shimmery makeup. Misalnya, jika kita sudah memakai shimmery pada eyeshadow dan lipstik, sebaiknya pakai makeup biasa untuk bedak dan blush. “Bahkan akan lebih baik jika blush kita matte,” Brown mengingatkan. Idealnya, dua shimmery makeup pada wajah, jangan lebih dari itu.

Aturan baku: Warna lipstik kita harus sepadan dengan makeup yang lain.
Lawan aturannya dengan: Sesuaikan warna lipstik dengan warna kulit kita. Memang membeli lipstik kadang-kadang perlu kejelian sendiri. Daripada repot membeli yang sesuai dengan warna foundation atau bedak, lebih baik pilih yang terlihat natural pada bibir kita.

Brown menyebutkan, warna seperti pinky brown, nude, atau soft rose sangat cocok digunakan oleh perempuan dengan berbagai warna kulit. Pada acara yang khusus dan kita ingin tampil sedikit lebih mewah, Brown membolehkan kita untuk memilih warna yang lebih terang dari warna-warna aman tersebut.

Aturan baku: Gunakan foundation di seluruh bagian wajah.
Lawan aturannya dengan: Gunakan hanya di bagian wajah yang tone kulitnya tidak merata. Sebab, menurut Brown, menggunakan foundation di seluruh wajah akan membuat kita seperti memakai topeng, plus memakan waktu lama.

Untuk membuat tampilan kita lebih segar, gunakan foundation hanya di area-area tertentu, seperti hidung, pipi, dan dagu. Area-area ini biasanya memiliki flek coklat atau warna kulit yang tak seimbang dengan bagian wajah yang lain. Agar foundation merata, gunakan ujung jari atau spon khusus kosmetik sebagai bantuan. Usapkan dengan halus dan arahkan ke atas atau berlawanan dengan rahang kita.

Melawan aturan bukan selalu diartikan sebagai pemberontakan. Apalagi jika melawan aturan yang kita pilih menyangkut pengaplikasian kosmetik yang justru mengeluarkan aura kecantikan kita dengan sempurna.

(Prevention Indonesia Online/Siagian Priska)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com