Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Hubungan Pertemanan Tetap Hangat

Kompas.com - 14/06/2011, 11:33 WIB

KOMPAS.com - Meski sibuk dengan pekerjaan atau berbagai aktivitas rutin harian, hubungan dengan teman tetap perlu dijaga. Kebersamaan dan kehangatan dari hubungan pertemanan diperlukan untuk menyeimbangkan hidup sebagai makhluk sosial.

Kumpul bareng dengan teman, berbagi cerita, dan bersenda gurau menjadi cara paling praktis untuk mempererat hubungan sosial dengan teman. Bagaimana pun Anda membutuhkan keakraban semacam ini. Menjadi sulit ketika teman baik Anda tinggal di kota berbeda. Kesempatan untuk bertemu semakin sempit. Padahal Anda hanya bisa terbuka bercerita apa saja dengannya.

Anda bisa mengadopsi sejumlah cara menghangatkan hubungan dengan teman berikut ini:

* Manfaatkan fasilitas di dunia maya untuk mempererat hubungan pertemanan jarak jauh. Jika Anda dan teman hobi baca buku, buatlah klub buku jarak jauh dengan internet. Bangun komunikasi melalui surat elektronik (surel) dengan teman Anda, mengenai buku yang baru saja selesai Anda baca. Anda bisa berdiskusi soal buku, pandangan hingga analisa Anda mengenai berbagai bahan bacaan tersebut. Diskusi online soal buku dengan teman dekat bikin hubungan tetap akrab.

* Surat atau postcard juga bisa menjadi alat mendekatkan hubungan dengan teman yang terpisah jarak. Jangan cepat kecewa jika teman Anda tak membalas kiriman surat atau postcard Anda. Temukan cara untuk menjalin hubungan. Sertakan perangko di dalam surat yang Anda kirim sebagai petanda teman Anda harus membalasnya.

* Buat sepuluh daftar film, buku, lagu yang Anda sukai. Lalu tukar daftar Anda dengan teman dekat yang memiliki selera serupa. Berbagi cerita bisa dilakukan dengan cara apa saja. Termasuk melakukan hobi yang sama meski terpisah jarak dengan teman-teman Anda.

* Jika Minggu pagi biasanya Anda bermalas-malasan di rumah, ganti aktivitas dengan kumpul bareng teman yang lama tak bersua. Ajak teman Anda menikmati sarapan pagi bersama di cafe favorit Anda dan dia. Perbincangan seru berawal dari suasana santai ini. Sementara waktu, singkirkan telepon Anda, bangun percakapan dua arah yang menyenangkan bersama teman-teman Anda.

* Bertukar pakaian layak pakai juga bisa jadi pilihan menjalin hubungan dengan teman. Cari teman yang memiliki postur sama dengan Anda. Koleksi busana yang tersimpan rapi di lemari, bisa Anda tukar dengan koleksi milik teman. Anda tak perlu boros berbelanja baju baru, karena dengan cara ini Anda mendapatkan busana yang disukai tanpa mengeluarkan anggaran lagi.

* Menonton film di bioskop bareng teman-teman selalu menjadi pilihan dalam menjaga hubungan pertemanan. Termasuk bagi Anda yang tinggal berjauhan dengan teman. Caranya, Anda dan teman-teman menonton film yang sama di masing-masing tempat tinggalnya, dalam waktu yang sama. Setelahnya, mulailah perbincangan di telepon atau melalui situs jejaring sosial, atau alat komunikasi lainnya.

* Tatap muka dengan teman lama atau teman yang tinggal berjauhan tetap diperlukan. Jadwalkan waktu bertemu teman lama atau teman jauh minimal satu tahun sekali. Buat rencana pertemuan seharian, dan nikmati keakraban yang membuat hidup Anda lebih menyegarkan.

* Jika Anda memiliki kelompok pertemanan yang tinggal berjauhan, pilih cara ini. Setiap orang mendapatkan jadwal untuk menulis surat tentang apa saja yang ingin diceritakannya. Surat ini ditujukan untuk semua anggota kelompok pertemanan Anda. Kirim surat tersebut ke semua teman-teman Anda. Berikutnya, satu per satu anggota kelompok pertemanan Anda juga melakukan hal serupa, secara bergiliran. Anda akan menemukan kisah dan pengalaman seru di balik cerita surat tersebut. Meski berjauhan, Anda akan merasa selalu dekat dengan teman baik yang terpisah jarak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com