Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilangkan Aura Negatif di Kantor

Kompas.com - 15/06/2011, 14:52 WIB

KOMPAS.com — Suasana kantor yang sebelumnya kompak dan menyenangkan bisa saja berputar 180 derajat. Mungkin Anda bukanlah penyebabnya, tetapi tetap saja situasi kerja yang tidak kondusif dapat berpengaruh pada kinerja Anda. Bagaimana mau bekerja dengan benar apabila setiap hari Anda selalu dikelilingi oleh energi negatif. Gosip-gosip tidak sedap beredar, insiden pemboikotan karier rekan kerja tak pernah berhenti, belum lagi perdebatan tanpa akhir di ruang meeting yang seharusnya hanya beragendakan evaluasi mingguan rutin.

Tak bisa disangkal, di dalam hati Anda mungkin ada sedikit dorongan untuk terlibat dalam pusaran arus negatif ini. Namun, Cheryl Richardson, seorang life coach, mengatakan bahwa partisipasi Anda justru malah bisa membuat api negatif makin berkobar.

"Terlibat dalam urusan seperti ini seperti Anda sedang makan junk food. Awalnya menyenangkan, setelahnya Anda akan merasa sebaliknya," Richardson menjelaskan.

Yang lebih buruk lagi, semakin frustrasi orang yang ikut dalam "permainan" ini, semakin buruk kadar energi yang ada di dalam dirinya. Bukan mustahil, orang itu akhirnya akan menerima bumerang balik dari apa yang telah ia perbuat.

Ajak bicara terbuka
Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menjernihkan suasana dan membangun kembali aura positif di tempat kerja? Cobalah berinisiatif untuk mengajak semuanya duduk bersama dan bicara. Studi yang dimuat pada jurnal The Proceedings of the National Academy of Sciences memaparkan bahwa pembicaraan yang positif akan dapat meningkatkan keinginan untuk bekerja sama.

Adapun Will Bowen, penulis buku A Complaint-Free World, menganjurkan diadakannya suatu simulasi kecil yang memperlihatkan apa yang terjadi saat seseorang berbicara tentang orang lain di belakang, lalu apakah akibatnya akan terlihat positif atau negatif. Simulasi ini mengajak setiap orang untuk mengatakan apa saja tentang seseorang, tetapi mereka harus mengulanginya lagi secara persis di depan orang yang dibicarakan.

Richardson mengungkapkan, aura negatif di tempat kerja seringkali juga disebabkan oleh lingkungan kerja yang kurang kondusif. "Mengapa orang-orang di sekitar Anda sering menggerutu dan mengeluh? Semua itu dilakukan karena mereka merasa putus asa. Padahal, selama tidak ada tindakan, maka tidak akan ada perubahan," ujarnya lagi.

Sebagai langkah awal, Richardson meminta Anda untuk melihat ke dalam diri sendiri. Jika  selama ini Andalah yang suka mengeluh, coba ketahui apa sebabnya. Lalu, segera cari solusi, alih-alih menyebarkan keluhan itu kepada rekan kerja lain.

"Ada kalanya, berbicara dengan rekan kerja lain dapat membuat Anda mendapatkan solusi. Namun, pastikan Anda dan rekan berfokus untuk mencari solusi, bukannya malah menambah keruwetan," saran Richardson.

Selalu berkonsentrasi pada pokok permasalahan dan mencari penyelesaian akan dapat membantu mengembalikan suasana kantor menjadi kondusif dan positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com