Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghasilan Tambahan dengan Jadi "Andalan"

Kompas.com - 20/07/2011, 15:39 WIB

KOMPAS.com - Pilihan wirausaha terbuka lebar. Banyak pintu yang bisa dibuka untuk memulai melatih diri berwirausaha. Memulai bisnis dengan risiko terukur, dan sistem yang kuat dan baik, akan memudahkan wirausahawan pemula. Satu di antara pilihannya adalah menjadi Andalan (agen dan konsultan) Pureit dari Unilever Indonesia.

Menjadi "Andalan" bisa menambah penghasilan. Peluang usaha ini juga terbuka bagi siapa saja. Mulai ibu rumah tangga, mahasiswa, profesional juga bisa. Tujuannya menyebar kebaikan dari alat pemurni air yang hemat energi, dan mendapatkan penghasilan tambahan darinya.

"Menjadi Andalan Pureit bisa perorangan atau badan usaha. Andalan juga tidak sama dengan MLM, karena tidak mengandalkan orang lain atau downline untuk memberikan penghasilan. Program ini juga bisa mendidik wirausaha," jelas Erwin Cahaya Adi, Senior Brand Manager Unilever Pureit saat konferensi pers di Restoran Bebek Bengil Menteng, Jakarta, Selasa (19/7/2011) lalu.

Ani Susan, salah satu Andalan Pureit, membuktikan keberhasilannya berwirausaha. Pengalaman pribadi Ani memotivasinya untuk menjadi Andalan keluarga. Manfaat alat pemurni air dirasakannya sendiri, mengatasi masalah anaknya yang mudah diare jika meminum air sembarangan. Teknologi pemurni air ini terbukti aman bagi anaknya yang pemilih dalam mengonsumsi air. Pengalaman di rumah menjadi alasan Ani memilih berbisnis sebagai Andalan Pureit. "Tertarik jadi Andalan juga karena ada uangnya," tambahnya.

Pilihan wirausaha

Rina Fahmi Idris, pakar wirausaha dan ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) mengatakan Andalan Pureit bisa menjadi salah satu opsi wirausaha level Usaha Kecil Menengah.

"Modalnya ringan, didukung brosur dan flyer yang bisa menjadi sampel dalam bersosialisasi sebagai konsultan. Skema bisnis yang sudah terencana dengan baik juga memudahkan. Sehingga usaha ini bisa dilakukan siapa saja karena waktunya juga fleksibel. Ibu rumah tangga murni, mahasiswa, karyawan, bahkan profesional juga bisa menjalaninya," jelas Rina.

Menurut Rina, yang juga penting diperhatikan jika ingin berwirausaha dengan menjual produk adalah layanan purna jual. Menjadi Andalan Pureit juga dimudahkan dan minim risiko, karena layanan purna jual produk juga tersedia dan didukung penuh dengan sistem dari Unilever.

"Dengan adanya fasilitas dan dukungan layanan purna jual, ini menjadi jaminan bagi diri sendiri dan klien. Bagi diri sendiri, dukungan ini bisa membantu Andalan lebih mantap dalam mensosialisasikan produk. Sedangkan bagi klien, layanan purna jual yang didukung dengan baik bisa memberikan jaminan kepercayaan," jelasnya.

Daftar jadi "Andalan"
Untuk menjadi "Andalan", Anda perlu mendaftarkan diri tanpa dipungut biaya. "Saat mendaftar, Anda perlu memasukkan data diri lengkap termasuk nomor rekening. Nomor rekening penting karena nantinya bonus dan insentif di transfer langsung ke rekening pribadi," jelas Erwin.

Setelah mendaftarkan diri, Anda kemudian berinvestasi senilai Rp 500.000, lalu mengikuti tahapan edukasi. Unilever Pureit memberikan pelatihan berupa pemahaman mengenai produk. Selain juga pemahaman mengenai berbagai perlengkapan yang akan digunakan "Andalan" ketika melakukan sosialisasi nantinya.

Investasi senilai Rp 500.000 tersebut sudah termasuk satu unit Unilever Pureit, pin sebagai identitas "Andalan", 100 lembar brosur dan 100 lembar flyer, alat bantu pengetahuan produk, kalkulator Pureit yang digunakan "Andalan" untuk kebutuhan sosialisasi produk nantinya, dan jaminan keamanan produk berupa sertifikat yang diterbitkan UGM, ITB, dan IPB.

"Pureit juga bekerjasama dengan tabloid Nova, dengan memberikan kartu keanggotaan Klub Nova untuk 500 pendaftar pertama. Sebanyak 100 orang darinya akan mendapatkan fasilitas Flazz BCA senilai Rp 100.000," kata Erwin menjelaskan nilai dari investasi menjadi "Andalan" Pureit.

Setelah pelatihan, calon "Andalan" akan menerima kode agen. Dengan begitu, "Andalan" siap menawarkan produk kepada konsumen yang saat ini dibatasi di kawasan Jabodetabek dan Bandung.

"Pembatasan wilayah referensi produk ini lebih karena Pureit ingin memberikan layanan purna jual yang nyaman dan tepat waktu. Jika pun ada yang menjual produk di luar kawasan ini, boleh saja, namun tidak ada jaminan yang diberikan Unilever. Dalam hal ini, 'Andalan' yang memenuhi permintaan ke luar daerah tadi tentunya sudah memperhitungkan berbagai risiko dan solusi untuk melayani konsumennya," tandas Erwin.

Informasi:

Facebook Unilever Pureit dengan akun Pureit Indonesia
email: pureit.indonesia@unilever.com
Suara Konsumen Pureit 021-500258

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com