Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiru Etika di Kantor untuk Hubungan Asmara

Kompas.com - 22/07/2011, 08:49 WIB

KOMPAS.com - Di tempat kerja, Anda perlu memastikan agar hubungan dengan rekan kerja maupun atasan selalu terjaga, agar dapat membuat perjalanan karier lebih mulus dan berbuah sukses. Dalam kehidupan pribadi, Anda juga perlu menjaga relasi asmara dengan pasangan, agar saat-saat yang dihabiskan bersamanya tidak selalu berakhir dengan pertengkaran -dan semoga bisa berakhir di pelaminan. Setelah menikah, misi ini tidak lantas selesai. Sebab, secocok apa pun Anda dengan pasangan, pasti akan ada perbedaan pendapat untuk satu dan lain hal.

Banyak pakar yang memberikan berbagai tips jitu untuk mencapai keharmonisan dalam hubungan dengan orang-orang di tempat kerja maupun dalam hubungan asmara. Dan ternyata, beberapa tips yang Anda pikir begitu bermanfaat di dunia kerja, juga dapat diterapkan dalam percintaan. Inilah beberapa di antaranya untuk Anda terapkan:

1. Berpikirlah sebelum berbicara
Di kantor, Anda perlu berpikir masak-masak sebelum mengajukan pendapat, agar bos tidak menganggap Anda asal bunyi saja. Jadi, semua perkataan hendaknya dilandasi oleh data dan analisis yang tepat. Cara ini juga perlu diterapkan saat Anda akan mengajukan keluhan terhadap pasangan atau mengajaknya berdiskusi suatu hal yang sulit atau sensitif.

"Tanyakan pada diri Anda, apakah kata-kata Anda nanti akan membuat dia jadi tersinggung atau malah emosi?" saran Jennifer Hirsch, PsyD, seorang psikolog klinis dari New York City. Tidak hanya perasaan atasan yang perlu dijaga, melainkan juga perasaan pasangan. "Sempatkan berpikir dan memilah kata-kata yang akan diucapkan. Jangan lupa panggil juga dia dengan nama kesayangannya," imbuh Dr Hirsch lagi.

2. Kuasai teknik yang tepat
Saat menghadapi rekan kerja yang sulit diberi pengertian, apa yang Anda lakukan? Mungkin Anda akan mulai pembicaraan dengan berkata bahwa Anda paham apa yang dia rasakan. Kemudian, Anda tak lupa menyampaikan betapa Anda juga merasakan hal yang serupa. Setelahnya, barulah Anda memberi saran.

"Teknik seperti ini juga dapat Anda lancarkan saat berdiskusi dengan pasangan. Ini akan membuatnya lebih mudah menerima argumen Anda, sehingga kesepakatan bisa didapat dalam waktu lebih singkat," kata Jess McCann, dating coach dan penulis buku You Lost Him at Hello.

3. Mainkan perasaannya
Teknik kedua ini juga penting untuk Anda terapkan saat akan memengaruhi pasangan untuk melakukan apa yang Anda mau. Menurut McCann, teknik ini sangat populer di dunia kerja, namun juga efektif untuk diterapkan dalam hubungan asmara. Ini dia caranya: Pertama, angkat dirinya dengan melontarkan pujian atas tindakan yang ia lakukan. Setelah itu, "bumbui" lagi dengan kata-kata yang menyatakan harapan dan permintaan lainnya. Untuk mencegah perasaannya langsung down, segera angkat lagi dengan berkata bahwa biar bagaimanapun Anda tetap berterima kasih atas tindakannya tadi.

4. Singkirkan faktor ego
Banyak orang terlalu mengedepankan egonya. "Tidak hanya di dunia kerja, melainkan juga di hubungan personal," papar McCann.

Jangan ragu untuk menyatakan bahwa pasangan Anda memang benar. Ini akan menyelamatkan hubungan Anda, daripada membela diri dan mengarang berbagai alasan, mengambing-hitamkan orang lain, atau malah berbalik menyalahkan pasangan. "Katakan dengan lugas bahwa pasangan benar dan mintalah maaf padanya," anjur McCann. Ini akan membuat pasangan lebih menghargai Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com