Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suka Difoto, tapi Benci Melihat Hasilnya?

Kompas.com - 22/07/2011, 10:23 WIB

KOMPAS.com - Siapa yang mau menyangkal bahwa kita-kita ini paling suka difoto? Mau di kantor, di mal, di resepsi perkawinan, atau di tempat-tempat keriaan lain, perempuan paling tidak tahan melihat teman-temannya sibuk berpose di depan kamera. Pasti mereka langsung nimbrung.

Namun meskipun suka difoto, separuh dari perempuan ternyata tidak menyukai "penampakan" mereka di dalam foto tersebut, demikian menurut survei dari produk pasta gigi Macleans. Keluhan terbesar adalah tentang senyuman mereka (mungkin karena terkesan dibuat-buat). Padahal, temuan Macleans menunjukkan, hal pertama yang menarik perhatian mereka adalah senyuman wanita. Sebanyak 14 persen perempuan mengeluhkan kerutan di sudut bibir ketika sedang tersenyum.

Masih banyak hal yang dikhawatirkan kaum perempuan. Mereka cerewet dengan pilihan pakaian yang dikenakan saat itu, malu karena mata mereka terpejam saat di foto, atau giginya terlihat tidak putih. Sedangkan 75 persennya bahkan akan menolak untuk difoto bersama. Banyak dari perempuan ini yang tak mau mem-posting foto-foto mereka di Facebook karena khawatir akan dikomentari.

Repotnya, kekhawatiran ini tidak hanya muncul ketika mereka sedang bersenang-senang. Pada hari terbesar dalam hidup mereka, seperti pernikahan, 36 persen pengantin perempuan merasa gelisah dengan hasil foto mereka.

Semua kegelisahan ini sebenarnya berakar dari sifat perempuan yang terlalu sadar diri. Oleh karena itu, fotografer Daniel Kennedy, yang pernah memotret Angelina Jolie dan Thandie Newton, menyarankan Anda untuk menikmati saja momen-momen tersebut.

"Senyum yang natural, yang terlihat melalui mata, jauh lebih menarik daripada yang dibuat-buat. Jaga agar dagu Anda menunduk, dan lihatlah melalui bulu mata agar wajah Anda terlihat lebih ramping, dan menonjolkan tulang pipi," sarannya.

Saran lain yang diberikannya adalah mengucapkan "oats" atau "plum", karena membuat bentuk mulut atau bibir Anda menjadi seksi. Selain itu, jangan lupa memakai lipgloss agar bibir terlihat lebih sehat dan lebih penuh. Gampang, kan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com