Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melawan Penuaan Dini Tak Cukup dengan Kosmetik?

Kompas.com - 22/07/2011, 10:44 WIB

KOMPAS.com - Ragam cara tersedia mengatasi penuaan dini. Seperti kosmetika untuk merawat dan mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Hingga terapi yang mengandalkan teknologi canggih untuk mengencangkan kulit dan menghilangkan kerutan atau garis halus.

Dr Tat-Chee Tam, PhD, pakar estetika dan arus mikro dengan klinik berbasis di Hong Kong dan Kanada, menjelaskan tanda penuaan dini pada kulit wajah bisa muncul lebih cepat dari seharusnya. Akibatnya, usia kulit lebih tua dari yang semestinya. Penuaan dini pada kulit wajah bisa dicegah dengan perawatan yang tepat.

"Tak ada batasan usia kapan harus mulai perawatan kulit wajah untuk mencegah penuaan dini. Perawatan seperti pengencangan kulit wajah juga aman dilakukan sejak dini. Apalagi jika kulit mulai terkena risiko dari berbagai penyebab penuaan dini, seperti pekerjaan yang membuat stres misalnya atau gaya hidup tak sehat seperti alkohol dan merokok," jelas Dr Tat-Chee Tam saat peluncuran Bio Platinum Therapy dari Bella Skin Care di FX Plaza Jakarta, Kamis (21/7/2011) lalu.

Bedanya kosmetik dengan terapi

Puluhan produk kosmetika melawan penuaan dini tersedia di pasaran. Krim anti-aging dan berbagai paket perawatan kulit harian diklaim bisa melawan penuaan dini. Dr Tat-Chee Tam mengatakan, produk kosmetika hanya diperlukan sebagai proteksi.

"Untuk mengatasi penuaan dini, lebih efektif dengan terapi. Produk skin care dibutuhkan untuk proteksi, bukan berarti useless. Karena skin care tidak sampai penetrasi ke dalam kulit untuk mengatasi penuaan dini. Kalau pun skin care penetrasi ke dalam kulit, justru ini akan merusak kulit. Satu-satunya yang bisa meresap baik ke dalam kulit adalah air. Artinya, efek kosmetik terhadap penuaan dini tak terlalu efektif, beda dengan terapi," jelasnya.

Sementara, terapi pengencangan kulit yang aman (bukan operasi plastik atau botox) bersifat lebih fungsional. Terapi penuaan dini dengan mengandalkan mesin dan teknologi, mengaplikasikan model pijatan wajah, mampu mengatasi masalah penuaan dini, kata Dr Tat-Chee Tam.

Meski begitu, tak ada kontraindikasi jika seusai terapi Anda mengaplikasikan kosmetik perawatan kulit melawan penuaan dini. Namun jika ingin hasil optimal, Dr Tat-Chee Tam menyarankan terapi sebagai solusi, lalu kosmetik atau produk skin care sebagai cara memproteksinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com