Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet Kok Bikin Gampang Emosi?

Kompas.com - 25/07/2011, 08:53 WIB

KOMPAS.com — Cobaan saat sedang berdiet ternyata tidak hanya gampang merasa lapar, melainkan juga mudah naik darah alias marah-marah. Biasanya, Anda mungkin akan berpikir bahwa emosi yang mudah naik ini disebabkan rasa lapar. Namun, studi terbaru yang dimuat dalam  Journal of Consumer Research mengatakan bahwa letupan kemarahan dan mood yang mudah berubah itu ternyata disebabkan Anda sedang menahan diri. Iya, maksudnya menahan diri supaya tidak melahap makanan yang "dilarang" saat diet. Tepat sekali!

"Sikap menahan diri yang sering dilakukan orang-orang yang sedang berdiet terbukti dapat membuat mereka jadi lebih berlaku agresif terhadap orang lain. Itu sebabnya, orang yang sedang diet biasanya mudah tersinggung serta marah," kata David Gal, peneliti dari Northwestern University; dan Wendy Liu dari University of California, San Diego.

Selain itu, para peneliti juga menemukan, orang yang sedang berusaha menahan diri cenderung menonton film yang temanya seputar kemarahan dan lebih tertarik untuk melihat gambar-gambar orang dengan ekspresi marah.

Kesimpulannya, bila memang Anda ingin menjalankan pola makan tertentu untuk hidup lebih sehat, sebaiknya hal itu dilakukan dengan sukarela dan hindari beranggapan Anda sedang menahan diri untuk menyantap makanan yang tidak sehat. Kuncinya ada pada pikiran Anda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com