Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Padu Padan Kerudung

Kompas.com - 02/08/2011, 09:45 WIB

KOMPAS.com - Tampil berbusana muslim kini makin gaya, tentunya dengan tetap patuh pada pakemnya. Termasuk dalam mengenakan kerudung. Anda bisa bebas bergaya dengan kerudung aneka warna, padu padan inner (kerudung bagian dalam) dengan kerudung luar. Tak ada batasan untuk berkreasi dengan kerudung Anda. Namun ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar penampilan busana muslim tak berkesan berlebihan.

Aju Isni Karim, pengajar dan konsultan gaya personal busana muslim mengatakan padu padan warna kerudung bebas saja, namun ada sejumlah hal yang perlu disesuaikan. Padu padan warna kerudung, lanjutnya, sebaiknya disesuaikan dengan pilihan bahan kerudung, komposisi warna, dan bentuk tubuh.

"Pilihan bahan memengaruhi penampilan berkerudung. Padu padan warna kerudung bisa kontrak, tak ada batas, namun sebaiknya tetap bertanggungjawab, artinya penampilan tak berlebihan. Sebenarnya memakai jilbab bisa mengoreksi bentuk wajah. Asalkan mengerti cara pakainya, dan tahu celah kekurangan dan kelebihan pada wajah dan tubuh," jelas Isni kepada Kompas Female saat ditemui di gerai label kerudung Square Atelier di Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Menurut Isni, banyak perempuan yang menganggap jilbab membuat posturnya terlihat lebih gemuk. Keluhan lain yang juga banyak dijumpai di antaranya, gaya kerudung yang dikenakannya tak sesuai dengan kepribadiannya yang cenderung sporty atau kasual misalnya.

"Cara mengenakan jilbab membuat seseorang merasa tidak menjadi dirinya, karena biasanya memberikan kesan feminin. Sementara ada orang yang merasa lebih nyaman tampil dengan gaya kasual atau sporty. Sebenarnya, kerudung dan busana muslim bisa diaplikasikan dengan ragam tipe kepribadian. Busana muslim bisa tetap gaya, sesuai syariat, dan nyaman dikenakan sesuai karakter yang berbeda pada setiap orang," ungkap Isni yang juga menyediakan jasa konsultasi gaya busana muslim personal di Square Atelier.

Banyak cara mengenakan jilbab, kata Isni. Sayangnya, banyak juga perempuan yang menyukai dan membeli model jilbab atau kerudung yang menurutnya unik. Namun meraka tak tahu cara memakainya, atau tak mengerti bagaimana tampil tetap gaya dengan kerudung. Kuncinya, lanjut Isni, memahami cara mengenakan kerudung dan busana muslim sesuai gaya personal yang berbeda pada setiap orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com