Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipamerkan, Gaun Kate Middleton Jadi Magnet

Kompas.com - 06/09/2011, 12:36 WIB

LONDON, KOMPAS.com -- Ini kisah tentang gaun pernikahan yang dikenakan Kate Middleton pada acara pernikahannya dengan Pangeran William, calon pewaris kerajaan Inggris, beberapa waktu lalu.

Pamor tentang keindahan gaun pernikahan itu memang luar biasa. Memancing decak kagum serta rasa penasaran publik ketika pertama kali dikenakan Middleton pada hari bahagianya. Tak heran ketika gaun itu dipajang untuk diperlihatkan kepada publik di Istana Buckingham sejak 23 Juli lalu, publik pun berbondong-bondong mendatangi lokasi yang menjadi simbol kerajaan Inggris itu.

Selama musim panas ini, tercatat lebih dari 354 ribu orang datang ke Buckingham untuk melihat pameran yang menampilkan beragam pernak-pernik pernikahan Middleton-William. Jumlah pengunjung ini 20 persen lebih banyak dibanding tahun lalu.

Menurut juru bicara penyelenggara dari pihak kerajaan, dana yang terkumpul dari pendapatan penjualan tiket yang kini mencapai 1 juta poundsterling itu akan diserahkan untuk kegiatan amal. Tahun ini hasil dari penjualan tiket diharapkan mencapai 8 juta poundsterling.    

"Tahun in mencapai tingkat pengunjung tertinggi. Gaun pengantin menjadi item yang sangat populer," katanya.

Dalam pameran tersebut, tak cuma menampilkan gaun milik Middleton karya perancang Sarah Burton tapi juga beragam item fashion fenomenal lainnya seperti tiara Cartier 'Halo' yang begitu menawan dilengkapi 1.000 berlian milik Ratu yang dipinjamkan untuk Kate pada hari pernikahannya. Ada pula sepatu pernikahan buatan tangan tim di Alexander McQueen, serta anting-anting berlian yang dipesan khusus oleh keluarga Kate, di mana menampilkan lambang baru keluarga Middleton.

Istana Buckingham pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1993. Hal ini dilakukan untuk membantu membayar biaya restorasi Istana Windsor, yang rusak akibat kebakaran tahun sebelumnya dan membutuhkan biaya mencapai sekitar 40 juta poundsterling.

Disepakati tempat hanya akan dibuka selama bulan-bulan musim panas ketika Ratu berada dikediaman di Balmoral.

Mereka yang berkunjung dikenakan tarif beragam. Bagi dewasa, tarif dikenakan sebesar 17,50 poundsterling, sementara anak-anak di bawah 17 tahun dikenakan 10 poundsterling. Mereka yang berkunjung berkesempatan melihat dari dekat gaun sutra milik Middleton dan koleksi kerajaan lainnya yang tak kalah bernilainya.   Istana Buckingham dan penyelenggara pameran pernikahan keluarga kerajaan akan menutup untuk umum pada tanggal 3 Oktober dan mengungkapkan pendapatan finalnya secara resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com