Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menipu Nafsu Makan yang Berlebih

Kompas.com - 15/09/2011, 10:28 WIB

KOMPAS.com - Sedang mencoba untuk mengurangi beberapa kilogram berat tubuh Anda? Fiona Hunter, seorang ahli gizi, memberikan 10 cara untuk mengontrol nafsu makan, sehingga Anda bisa makan sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh.

Mulailah dengan salad atau sup. Menyantap sup atau salad sebelum makanan utama akan membuat perut Anda sedikit kenyang. Hal ini secara tak langsung akan menghindarkan Anda dari menyantap makanan utama secara berlebihan. Sebuah penelitian membandingkan antara wanita yang diberi makanan pembuka berupa sup, dan yang diberi makanan padat dalam kalori yang sama. Ternyata, wanita yang menyantap sup merasa kenyang lebih lama. Selain itu, wanita yang menyantap sup terlebih dulu cenderung akan mengonsumsi  menu selanjutnya dengan porsi lebih sedikit.

Ngemil sehat. Anda akan merasa lebih lapar ketika Anda mulai makan. Nafsu makan ini butuh proses yang lama untuk mereda. Untuk menghindari rasa lapar yang berlebihan biasakan untuk makan setiap 3-4 jam sekali dengan porsi kecil dan camilan yang sehat. Camilan yang tinggi kandungan protein seperti yogurt atau telur rebus, camilan yang tinggi serat seperti oatcakes, adalah pilihan yang tepat dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Tingkatkan protein. Cobalah untuk mengonsumsi protein lebih banyak dalam makanan Anda. Contohnya daging bebas lemak, ikan, telur, kerang, serta susu dan yogurt rendah lemak.

Matikan TV. Seringkali kita bersantap sambil nonton TV. Jangan lakukan ini, fokuslah dengan makanan Anda. Jika pikiran Anda teralihkan dengan hal lainnya selain makanan, maka Anda pasti akan melewatkan sinyal kenyang yang dikirimkan perut Anda ke otak. Sebuah penelitian dari American Journal of Critical Nutrition menemukan bahwa ketika Anda makan sambil menonton TV, Anda menyantap kalori 13 persen lebih banyak daripada yang dibutuhkan.

Konsumsi serat. Salah satu alasan mengapa F-Plan Diet sangat populer, adalah karena makanan yang berserat tinggi lebih mengenyangkan. Pilihlah roti gandum, nasi merah, atau pasta. Tambahkan kacang-kacangan dan sayuran sebagai sumber serat. Pilih makanan yang butuh waktu dan usaha untuk dimakan. Jagung rebus, salad dengan sayuran yang renyah, ataupun ikan bertulang akan membuat Anda mengunyah dengan perlahan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Makan buah dan sayur lebih banyak. Kandungan air dalam buah dan sayuran bisa membantu Anda merasa lebih kenyang.

Minum sebelum makan. Cobalah untuk minumlah segelas besar jus sayuran atau air putih 10 menit sebelum Anda makan. Kenyang karena minum akan mencegah Anda mengonsumsi makanan utama lebih banyak.

Nikmati waktu bersantap. Letakkan garpu dan sendok Anda di atas piring setiap sekali suap. Kunyah makanan dengan benar sebelum menyuapkan makanan kembali ke dalam mulut. Fokuslah dengan apa yang sedang dimakan. Semua ini akan membantu memperlambat laju makan Anda. Ketika Anda makan secara perlahan, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Makan apel sebelum makan. Salah satu penelitian di Washington mengungkapkan bahwa 346 orang yang makan apel 20 menit sebelum makan (tanpa mengubah diet lainnya) berhasil menurunkan berat 9,5 kg dalam 3 bulan. Hal ini berarti apel mampu membantu menimbulkan perasaan kenyang dan mencegah Anda makan lebih banyak menu utama lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com