Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosi Diri Penting di Dunia Kerja

Kompas.com - 19/09/2011, 17:23 WIB

KOMPAS.com - Selama ini, Anda sudah menunjukkan hasil kerja yang baik di tempat kerja. Tetapi entah kenapa, tidak pernah ada yang tahu siapa Anda. Terlepas dari kontribusi Anda yang begitu besar dalam menaikkan revenue perusahaan, nama Anda tenggelam dan tidak pernah diperbincangkan saat rapat atasan. Apa karena Anda kurang cantik atau tinggi? Bukan. Itu lebih dikarenakan Anda tidak pernah mempromosikan diri sendiri.

Bukan hanya barang yang perlu dipromosikan agar dibeli. Anda juga perlu tahu bagaimana caranya memperlihatkan pada orang lain siapa diri Anda, apa yang bisa Anda lakukan, dan seberapa besar kontribusi Anda terhadap perusahaan. Menurut Caitlin Williams, penulis Successful Woman's Guide to Working Smart, promosi diri adalah salah satu kunci sukses di dunia kerja. Hanya saja, hal ini seringkali dihindari oleh kaum wanita.

"Kebanyakan wanita merasa tidak nyaman mempromosikan diri sendiri, karena stereotip yang beredar di masyarakat memosisikan wanita sebagai orang yang berada di belakang layar dan bekerja dengan cara mengedepankan kepentingan orang lain, alih-alih kebutuhannya sendiri," tambah Binnie Shusman Kafrissen dalam buku Winning Roles for Career-Minded Women: Understanding the Roles We Learned as Girls and How to Change Them For Success at Work, yang ditulisnya bersama Fran Shusman.

Namun, bila Anda tidak pernah mau "meneriakkan" eksistensi diri, kapan nama Anda akan terdengar? Karenanya, promosi diri tetap menjadi syarat mutlak untuk bisa sukses di kantor. Anda tidak perlu sampai pasang iklan di televisi, kok. Cukup lakukan beberapa langkah cerdas ini.

Pastikan orang-orang di dalam dan di luar tempat kerja mengetahui bahwa hasil kerja yang cemerlang itu datang dari Anda. Jangan ragu untuk mengirimkan e-mail setiap bulan ke bos untuk memberi update seputar perkembangan project yang sedang Anda kerjakan. Kirimkan juga ke atasan dari bos Anda.

Tunjukkan juga bahwa Anda memiliki pengetahuan mendalam pada salah satu bidang tertentu, dan jadikan diri Anda sebagai sumber utama yang bisa ditanya-tanyai oleh rekan kerja lain untuk masalah tersebut. Tidak sulit kan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com