Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Memangkas Biaya Pernikahan

Kompas.com - 24/09/2011, 08:13 WIB

KOMPAS.com - Merayakan pernikahan tidak harus dengan mengeluarkan biaya yang mahal. Dengan biaya yang terjangkau, pesta pernikahan juga bisa meriah dan berkesan. Jangan sampai setelah pesta pernikahan Anda justru harus kebingungan melunasi utang dari sana-sini. Beberapa tips berikut bisa diterapkan untuk meminimalisasi pengeluaran pesta yang membengkak.

Membagi beban keuangan. Hari gini, biaya pernikahan masih dibebankan kepada orang tua pihak wanita saja? Meskipun sarat nilai tradisi, namun Anda bisa menilai juga bahwa hal tersebut sangat tidak adil. Jadi katakan saja sejujurnya pada keluarga: pernikagan merupakan acara keluarga yang melibatkan dua keluarga besar. Jadi, mengapa tidak membaginya bersama?

Kurangi pengeluaran pesta. Ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Cara yang paling mudah adalah memangkas jumlah tamu yang diundang. Menentukan lokasi bulan madu juga merupakan cara yang baik untuk memotong biaya pernikahan. Jika tidak ingin biaya pernikahan yang terlalu besar, pergilah bulan madu di tempat yang tak terlalu jauh dari kota Anda.

Selain itu, jika Anda menggunakan jasa wedding organizer (WO), cobalah untuk melakukan tawar-menawar terlebih dulu. Jika memungkinkan, pilih waktu dimana tidak banyak orang menikah. Dengan demikian WO, katering, dokumentasi, atau toko bunga, akan memberikan estimasi biaya yang tidak terlalu mahal dibanding saat musim menikah.

Jangan berutang. Usahakan untuk membayar lunas semua keperluan pernikahan Anda. Anda tentu tak ingin bangkrut karena terlilit utang setelah masa bulan madu berlalu. Kedengarannya mungkin sederhana, namun jangan biasakan untuk berutang. Bayarlah lunas semua pengeluaran Anda. Jika Anda tak mampu membayar secara tunai semua biaya, artinya secara finansial Anda memang tak perlu membuat perayaan besar-besaran. Namun sekali lagi, hal itu bisa diatasi dengan merayakan pernikahan secara sederhana, atau tunda saja dulu pernikahan untuk sementara waktu sampai tabungan Anda cukup. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com