Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Lagi, "Concept Store" di Mal Ternama

Kompas.com - 12/10/2011, 14:52 WIB

KOMPAS.com - Produk fashion merek lokal semakin mendapat tempat di mal ternama. Desainer muda dari Indonesia punya kesempatan lebih banyak untuk terjun dalam bisnis ritel fashion melalui konsep departement store mini, yang kerap disebut concept store.

Destinasi belanja dalam format concept store banyak bermunculan di mal ternama di Indonesia. Mazee di fX, Jakarta, IDEA di Mazee, Plaza Indonesia, juga Pondok Indah Mal merupakan beberapa contoh concept store yang terbukti sukses menggaet pelanggan setia. Para anak muda yang senang tampil dengan gaya personal, berkarakter, dan mencintai produk lokal.

Tahun depan, pilihan concept store di mal ternama Jakarta semakin bertambah. Central Park Mall, berencana membuka concept store pertamanya di awal 2012 bernama On and Off.

"Akan ada 20 brand yang mengisi concept store di Central Park. Concept store ini seperti mini department store, yang tak hanya berisi produk fashion tetapi juga aksesori,  buku, hobi, musik, dan lainnya," jelas Veri Y Setiady, Executive Director Central Park saat jumpa pers perayaan ulang tahun ke-2 Central Park Mall, di Jakarta, Rabu (12/10/2011).

Veri menjelaskan, seperti concept store pada umumnya, On and Off mengedepankan produk lokal. Sekitar 75 persen dari brand di On and Off adalah produk lokal. Selebihnya merupakan produk dari luar negeri, yang dihadirkan lebih untuk memberikan inspirasi bagi anak muda Indonesia.

Selain kombinasi produk lokal dan internasional, concept store di Central Park juga menghadirkan in house brand. Sejumlah desainer muda bertalenta Indonesia akan dilibatkan dalam menciptakan in house brand di concept store Central Park ini.

Toko On and Off nantinya berada di area dengan trafik pengunjung tinggi, kata Veri. Khusus untuk produk fashion, Veri berharap nantinya, sekolah mode Indonesia juga bisa bergabung dalam concept store Central Park ini dengan menghadirkan koleksi busana teranyar dan khas buatan lokal.

"On and Off merupakan projek jangka panjang. Produk distro rencananya juga akan masuk di concept store ini," kata Veri.

Untuk menyeleksi brand, Veri menjelaskan, produk tersebut memiliki produktivitas tinggi, setidaknya produksi berkelanjutan. Selain juga produk memiliki stok yang baik, dan diminati pasar, terutama segmen pasar di Central Park.

"Concept store tidak hanya menghadirkan produk kreatif. Melainkan produk lokal yang kreatif namun bisa dipakai. Melalui cara ini, Central Park ingin membantu mengajarkan anak muda untuk belajar memasuki industri ritel fashion," tandas Veri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com