Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Ucap Nama Hidangan Italia

Kompas.com - 08/11/2011, 08:53 WIB

KOMPAS.com - Restoran Italia banyak jumlahnya. Dari yang berbentuk restoran siap saji, hingga yang berkonsep fine dining. Apapun bentuknya, Anda perlu mengetahui dengan pasti nama-nama hidangannya, agar Anda tidak salah memesan. Selain mampu mengucapkan nama hidangan tersebut dengan benar, pastikan juga Anda tahu makanan apa yang sedang Anda pesan.

Bruschetta (dibaca: brews-keh-tah)
"Ch" pada bahasa Italia dibaca sebagai "k". Karena itu Anda harus membacanya brusketa, bukan brusyeta. Roti yang diberi topping sayuran atau daging ini biasa disajikan sebagai menu pembuka, dan dalam buku menu dimasukkan dalam kelompok "Antipasto" (appetizer, dalam bentuk tunggal) atau "Antipasti" (bentuk jamaknya). Ada pula yang menuliskannya "Antipasta", meskipun sebenarnya salah.

Gnocchi (dibaca: nyoh-kee)
Huruf "g" pada gnocchi akan berubah menjadi "n" pada bahasa Spanyol yang diucapkan sebagai "ny". Gnocchi sendiri pada dasarnya merupakan gorengan dari tepung. Di Italia, gorengan ini berisi kentang kecil yang disajikan dengan saus tomat. Jika hidangan tersebut merupakan masakan homemade, Anda akan mendapatkan keterangan tambahan "fatti in casa".

Minestrone (dibaca: mean-ehs-tron-ih)
Minestra dalam bahasa Italia artinya "sup", sedangkan one artinya kurang lebih "besar". Minestrone sendiri merupakan sup yang kental dengan bahan dasar bermacam sayuran, yang kadang-kadang ditambahkan pasta atau nasi. Tidak ada sayuran khusus yang digunakan untuk membuat minestrone. Orang Italia akan menggunakan sayuran apapun yang sedang musim.

Espresso (dibaca: es-pres-o)
Dalam bahasa Italia, espresso artinya ditekan keluar, merujuk pada kopi yang ditekan keluar dari bijinya. Tidak ada unsur kecepatan, atau express, pada proses tersebut. Berbicara mengenai jenis-jenis kopi, di Italia cappuccino merupakan minuman untuk sarapan. Jadi, Anda tidak akan disarankan untuk menikmati cappuccino saat makan malam.

Biscotti/Panini (dibaca: bis-kot-i)
Biscotti dan panini merupakan bentuk jamak dari biscotto dan panino. Biscotti sendiri adalah cake yang dipanggang, terbuat dari biskuit almond yang besar yang dibuat kering dan renyah melalui pemotongan adonan saat masih panas dan segar dari oven. Sedangkan panini adalah sandwich yang terbuat dari roti ciabatta (mirip baguette dari Perancis), dan diisi salami, ham, keju, mortadella (sosis Italia), dan lain sebagainya.

Parmigiano (dibaca: parmi-ja-no)
Parmigiano, atau parmesan, adalah keju yang diparut dan ditaburkan ke dalam pasta. Keju ini berasal dari kota Parma di Italia, merupakan keju dari susu sapi yang sudah didiamkan selama setahun. Sedangkan parmesan adalah sebutan informal Amerika untuk keju ini, sehingga keju dalam botol hijau yang kerap Anda temukan di supermarket disebut parmesan, bukan parmigiano.

Pizza margherita (dibaca: pits-a marg-eh-rita)
Pizza margherita boleh dibilang bentuk pizza yang paling sederhana, karena hanya berisi tomat, keju mozzarella, dan daun basil. Topping-nya ini akan membentuk tiga warna, yang merepresentasikan warna bendera Italia, yaitu merah, putih, dan hijau. Diberi nama margherita karena awalnya disajikan oleh Ratu Margherita saat berkunjung ke Napoli tahun 1889.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com