Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor "X" untuk Merawat Rambut Panjang

Kompas.com - 11/11/2011, 08:38 WIB

KOMPAS.com - Banyak perempuan yang masih setia dan menggemari rambut panjang. Namun tak sedikit juga dari mereka yang mengalami berbagai masalah rambut panjang, dan terkadang kesulitan merawatnya.

Penata rambut selebriti ternama, Jamie Stevens yang juga adalah stylist di The X Factor (program kompetisi menyanyi di televisi), memberikan sejumlah saran untuk perempuan dalam merawat rambut panjang. Stevens, yang menjadi langganan sejumlah selebriti dunia seperti Elle Macpherson, Gok Wan, Eva Herzigova, memberikan solusi dua masalah umum rambut panjang.

Menipis dan kering
Kombinasi dari stres dan penambahan usia membuat rambut panjang yang tebal cenderung menipis dan kering. Stevens menyarankan, sebaiknya pilih dan gunakan produk perawatan rambut yang fokus merawat ketebalan rambut. Untuk perawatan sehari-hari, gunakan sampo dan kondisioner. Gunakan juga lotion dan krim rambut yang dapat memperbaiki kondisi rambut.

Jika masalah rambut berlanjut pada kerontokan yang parah, lakukan perawatan ekstra. Perawatan khusus rambut rontok biasanya dilakukan dengan beberapa tahapan. Gunakan produk dengan kandungan aminexil untuk menjaga ketebalan rambut, arginine untuk merawat kondisi kulit kepala, zinc untuk menjaga kesehatan rambut, dan PCA yang melembabkan.

Kusam tak sehat
Kunci agar rambut tetap sehat dan bercahaya adalah memilih produk sampo dan kondisioner yang berkualitas dan cocok untuk kondisi rambut dan kulit kepala Anda.

Selain itu, perlakukan rambut Anda lebih ramah. Jangan terlalu sering melakukan blow dan mencatok rambut. Lakukan aktivitas ini dua kali seminggu, bukan setiap hari.

Stevens memberikan kiat jitu untuk menjaga agar rambut tetap lembab, sehat dan bercahaya dengan biaya murah. Caranya, aplikasikan kondisioner ke rambut basah sebelum tidur, bungkus rambut dengan penutup rambut plastik, dan tidurlah. Bilas rambut di pagi hari. Lakukan seminggu sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com