Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mary-Kate dan Ashley, Perempuan Berbusana Terbaik

Kompas.com - 14/11/2011, 15:36 WIB

KOMPAS.com – Selera berbusana si kembar Mary-Kate dan Ashley Olsen kerap diperdebatkan, karena mereka seolah tak konsisten. Kadangkala sangat fashion-forward, dan mampu menjadi trendsetter, namun sering juga tampil kurang menarik. Meskipun demikian, pengamat fashion tetap mengakui style mereka sebagai yang terbaik. Terbukti, majalah Vogue memilih Mary-Kate dan Ashley sebagai perempuan berbusana terbaik. Mereka bahkan mengalahkan Kate dan Pippa Middleton, yang hanya menduduki peringkat kesembilan.

Dalam edisi terbarunya yang terbit minggu ini, Vogue mengangkat 10 bersaudara yang memilih pengaruh kuat di bidang fashion. Selain dua bersaudara tadi, ada pula Beyonce dan Solange Knowles, Dakota dan Elle Fanning, hingga Claire, Virginie, Jenna dan Prisca Courtin-Clarins (cucu pendiri perusahaan kosmetik Perancis Clarins, Jacques Courtin-Clarin).

Mark Holgate, Fashion News Director Vogue, menganggap bahwa pemilihan si kembar Olsen tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Mereka berhasil keluar dari status bintang TV cilik, menjadi perempuan dewasa yang memiliki dua label clothing kelas atas (The Row dan Elizabeth and James) yang sukses.

“Ada nggak sih, dua bersaudari yang lebih chic, stylish, cool, dan orisinal, daripada Mary-Kate dan Ashley Olsen? Mereka berdua luar biasa stylish,” serunya.

Bahwa saudari kembar ini juga pernah masuk daftar perempuan berbusana terburuk  (salah satunya dari kritikus fashion terkenal Richard Blackwell), justru menjadi hal yang positif.

“Mereka kadang bisa tampil hebat, kadangkala juga tidak. Itu sebenarnya bagus, karena menunjukkan bahwa merekalah yang memiliki pakaian mereka sendiri,” kata Holgate. “Mereka tidak mempunya stylist yang akan mengatakan pada mereka, ‘Ini bagus, ini seksi, atau ini yang harus kamu pakai’. Semuanya keluar dari diri mereka sendiri. Itu membutuhkan insting. Lihat saja apa yang mereka lakukan dengan The Row dan Elizabeth and James. Mereka itu kekuatan fashion yang sah.”

Belum lama ini, The Row telah menjual habis sejumlah backpack seharga 34.000 dollar, dan menambahkan gelang kaki seharga 4.085 dollar dari lini aksesori mereka. Gelang kaki yang sederhana ini dirancang oleh Ileana Makri, dan harganya 3.000 dollar lebih mahal daripada rancangan Maktris yang biasanya.

Pemilihan si kembar ini didukung oleh hasil survei terhadap pembaca. Dalam voting secara online dimana pembaca diminta memilih dua bersaudari berbusana terbaik favorit, Mary-Kate dan Ashley juga berada di posisi pertama, diikuti oleh empat bersaudari Courtin-Clarins, disusul Dakota dan Elle Faning, Kate dan Pippa Middleton, serta Rudy dan Lily Aldrige.

Bagaimana Kate dan Pippa bisa masuk dalam daftar ini, menurut Holgate karena mereka telah mempopulerkan rok sepanjang sedikit di atas lutut. “Cukup pendek untuk dikenakan anggota keluarga kerajaan dari generasi yang lebih tua, tapi cukup panjang untuk dikenakan sambil duduk atau membungkuk saat berbicara pada anak-anak,” katanya.

Masing-masing perempuan bersaudari ini memang menampilkan gaya yang berbeda dan unik. Mereka tak hanya terlihat serasi saat tampil berdua, tetapi juga ketika muncul secara terpisah. Solange Knowles, misalnya, dikenal karena gemar mengambil risiko saat bergaya, seperti mencukur gundul kepalanya, mengenakan wig afro, atau mencampur print dan warna. Pada Vogue, Solange mengaku selera mereka sebagai saudara terus berkembang dan mampu menjembatani gaya mereka.

"Aku tak pernah meminjam baju-baju Beyonce waktu kami tumbuh besar," katanya. "Tapi sekarang gayaku sedikit lebih 'lunak', dan gaya Beyonce justru lebih adventurous."

Best-Dressed Sisters versi Vogue
1. Mary Kate dan Ashely Olsen
2. Dakota dan Elle Fanning
3. Claire, Virginie, Jenna, dan Prisca Courtin-Clarins
4. Ruby dan Lily Aldridge
5. Poppy dan Cara Delevingne
6. Bianca dan Coco Brandolini
7. Beyonce dan Solange Knowles
8. Charlotte Gainsbourg dan Lou Doillon
9.  Pippa Middleton dan Catherine, Duchess of Cambridge
10. Kate dan Rooney Mara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com