Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busana Pengantin Aliya-Ibas: Adat Yogyakarta

Kompas.com - 26/11/2011, 19:06 WIB

KOMPAS.com - Resepsi pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono (putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) dengan Siti Rubi Aliya Rajasa (putri Menko Perekonomian Hatta Rajasa) baru saja berlangsung. Busana pengantin Aliya dan Ibas kembali menjadi sorotan.

Saat ditemui di lokasi resepsi, Jakarta Convention Center, Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha yang mengenakan busana adat khas Yogyakarta mengatakan, baik keluarga maupun pengantin perempuan dan laki-laki akan mengenakan busana adat dan kain batik motif Yogyakarta.

"Ibas akan mengenakan sorjan Yogyakarta, dan Aliya mengenakan kebaya bernuansa tradisional," jelasnya kepada beberapa media.

Biro Pers Istana memberikan informasi melalui pesan elektronik menjelang resepsi, bahwa pengantin perempuan dan laki-laki akan mengenakan busana berwarna merah marun dengan menggunakan adat Yogyakarta. Ibas mengenakan sorjan merah dengan banyak detail manik di bagian dada. Begitu pula dengan Aliya, yang memakai kebaya lengan panjang merah dengan bagian belakang yang memanjang, dengan aplikasi beadings yang membuat kebaya tersebut makin menonjol. Kain batik berwarna dasar hitam dengan sentuhan keemasan menjadi bawahannya. Secara keseluruhan, terkesan sederhana.

Sementara itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Hatta Rajasa akan mengenakan sorjan merah marun dan kain batik Yogyakarta dengan blangkon dan keris sebagai aksesori dan perlengkapan pakaian adat. Ibu Ani Yudhoyono dan Okke Rajasa memakai kebaya Jawa merah marun dan kain batik sebagai bawahan.

Mengenai siapa perancang di balik busana pengantin Aliya dan Ibas, belum ada keterangan pasti. Biyan Wanaatmadja kerap disebut sebagai desainer busana pasangan ini. Hingga sehari sebelum resepsi, ketika Kompas Female berusaha meminta konfirmasi, pihak Biyan tak juga bersuara. Termasuk ketika kami menyambangi butik Biyan Bride di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Konsep busana pengantin rancangan Biyan di Biyan Bride cenderung didominasi warna offwhite. Detail beading yang memberikan kesan glamor, dan cutting sederhana ciri khas Biyan Bride menonjol pada busana pengantin internasional dan kebaya modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com