Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si Tubuh "Big Size" Juga Bisa Tampil Cantik

Kompas.com - 28/11/2011, 15:26 WIB

KOMPAS.com "Tak selamanya perempuan cantik itu harus memiliki tubuh yang langsing dan ramping. Tubuh gemuk juga bisa cantik kok," ungkap Ririe Bogar, pendiri komunitas Xtra-L kepada Kompas Female, dalam acara Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, Sabtu (26/11/2011) lalu.

Ungkapan ini memang tak hanya sebagai penghibur bagi mereka yang bertubuh besar. Selama ini, banyak perempuan yang mengganggap tubuh gemuk adalah sebuah kesalahan yang memalukan sehingga membuat mereka tidak bisa tampil gaya. Akhirnya, mereka menutupinya dengan menggunakan pakaian warna gelap dan cenderung longgar. Padahal, sebenarnya tubuh gemuk bukan halangan untuk bisa tampil modis, sesuai tren fashion.

"Pikiran seperti inilah yang sebenarnya salah dan harus diubah karena pikiran ini justru membuat mereka terlihat lebih buruk," tambahnya.

Bersyukur atas setiap bentuk tubuh, percaya diri, selalu tersenyum, dan positive thinking, merupakan paradigma yang harus dimiliki semua orang, termasuk yang bertubuh gemuk. Ririe menambahkan, dengan memiliki semua hal tersebut, setiap perempuan akan selalu terlihat cantik karena kecantikan tak selalu dinilai dari luar, tetapi juga dari dalam.

"Sebelum keluar rumah, coba untuk berkaca, tersenyum, dan berkata bahwa 'Saya cantik'. Maka dari itu, ketika keluar rumah, pasti semua orang akan melihat Anda cantik," bebernya.

Dalam komunitas Xtra-L, Ririe sering mengajak teman-temannya untuk berani berekpresi serta berani tampil modis dan cantik. Namun, salah satu halangan yang kerap mereka hadapi adalah terbatasnya pakaian-pakaian yang diperuntukkan bagi perempuan bertubuh plus-size.

"Tantangan terbesar para desainer adalah bagaimana mereka menciptakan busana untuk yang bertubuh besar agar tampak cantik, dan bukan terlihat indah di manekin saja," beber Ririe. Teknik memadupadankan pakaian dalam berbagai warna cerah, model, dan aksesori akan membantu menghasilkan busana yang menambah kecantikan dan percaya dirinya.

Ririe mengatakan bahwa ia tidak akan melakukan diet hanya untuk bisa memakai pakaian yang bagus dan indah semata. "Bagi saya, bukan saya yang harus cantik ketika memakai baju itu, melainkan baju itulah yang harus cantik ketika ada di tubuh saya," ungkapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com