Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekerja Tanpa Beban, Kunci Sukses Zara Zettira

Kompas.com - 29/11/2011, 11:47 WIB

KOMPAS.com - Bagi novelis Zara Zettira ZR, menulis adalah dunia dimana ia bisa bebas berekspresi dan menuangkan semua idenya. "Bagi saya menulis adalah hobi, sekaligus cara untuk refreshing dan menghilangkan jenuh," ungkap Zara kepada Kompas Female, saat peluncuran novel terbarunya, Lo Gue End!, di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (28/11/2011) lalu.

Selain dikenal sebagai novelis, sampai saat ini Zara tercatat menjadi salah satu karyawan di sebuah stasiun televisi, menangani produksi drama. "Kegiatan saya sehari-hari juga sebagai karyawan, penulis, dan ibu rumah tangga," ungkap istri dari David Henderson ini.

Jika dihitung-hitung, tiga pekerjaan tersebut membuatnya cukup sulit untuk membagi waktu dengan baik. Namun bagi Zara, dengan pengaturan waktu, dan mengerjakannya tanpa beban, bisa menjadi kunci sukses untuk menjalankan semuanya dengan lancar. Sebagian besar novel-novelnya justru lahir dari terbatasnya waktu yang ada di sela jam kerja.

"Jika kebanyakan orang bilang tak punya waktu untuk melakukan hal lain karena sibuk bekerja, aku justru sebaliknya. Satu atau dua jam sehari, kadang sambil break makan siang, aku isi dengan menulis," tulis Zara dalam bukunya.

Lalu bagaimana dengan tugasnya sebagai seorang istri? "Aku tetap memperhatikan keluargaku. Biasanya kalau sudah sampai rumah, aku baru mulai menulis setelah suamiku tidur sekalian untuk mengisi waktu insomnia-ku," tukas ibu dari Alaya dan Zsolti ini sambil tersenyum.

Dukungan anak-anak dan suami juga menjadi kekuatan bagi Zara untuk bisa menjalankan tiga tugas beratnya ini dengan baik. "Pembaca novelku juga jadi support terbesarku untuk tetap semangat menulis. Yang tadinya hanya dilakukan di waktu luang, menulis menjadi seperti 'kewajiban' karena kasihan dengan yang menunggu kelanjutan cerita di blog-ku. Tapi pastinya tanpa mengorbankan waktuku yang lainnya," bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com