Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Banyak Anak Kurangi Risiko Penyakit Jantung?

Kompas.com - 30/11/2011, 16:37 WIB

KOMPAS.com - Pepatah yang mengatakan "banyak anak, banyak rezeki" tampaknya tidak berlaku lagi, mengingat biaya pendidikan dan kesehatan yang mahal. Namun mempunyai banyak anak tetap memiliki manfaat, setidaknya dari kesehatan si ibu sendiri. Sebab setelah meneliti 1.300 perempuan di California, Society for Reproductive Endocrinology and Fertility menyimpulkan, ibu dengan empat anak atau lebih akan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut penelitian, hormon-hormon kehamilan mampu melindungi pembuluh darah selama bertahun-tahun setelah melahirkan, dan membantu mengurangi risiko penyakit tersebut. Keuntungan lain dengan memiliki keluarga besar adalah banyaknya dukungan dan bantuan yang diperoleh satu sama lain kelak ketika dewasa.

"Perubahan fisiologis yang dialami perempuan saat kehamilannya dapat memberikan pengaruh jangka panjang pada kesehatannya," papar Dr Bradley Van Voorhis, Presiden Society for Reproductive Endocrinology and Infertility.

Menurutnya, perempuan yang sehat dan makmur menunjukkan manfaat kardiovaskular jika mengalami empat kehamilan atau lebih. Ibu dengan banyak anak kemungkinannya untuk meninggal akibat stroke menurun hampir 50 persen, dan kemungkinan untuk mengidap penyakit jantung menurun sebesar sepertiganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com