Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Pancake Lembut dan "Creamy"

Kompas.com - 23/02/2012, 16:47 WIB

KOMPAS.com - Anak-anak yang senang memilih makanan tentu harus diakali dengan menyediakan variasi makanan yang cukup banyak. Selain roti, makanan lain yang biasanya mereka sukai untuk sarapan adalah pancake. Untuk menghasilkan pancake yang lembut dan creamy, ini yang harus Anda lakukan:

1. Yang segar. Gunakan bahan-bahan yang segar saja, termasuk yang mungkin tidak akan Anda periksa, seperti baking powder.

2. Atur suhunya.
Sebelum menggunakan telur dan susu, taruh bahan-bahan ini dalam suhu ruangan. Jika tidak, akan memengaruhi proses memasak sehingga pancake menjadi lebih keras.

3. Adonan. Butuh waktu untuk mengaduk baking powder di dalam adonan. Setelah menggabungkan campuran tersebut dengan perlahan sehingga tidak lagi menggumpal-gumpal, diamkan di tempatnya selama paling tidak 10 menit.

4. Panaskan wajan. Pancake paling baik jika dimasak di atas pan atau penggorengan dari besi. Panaskan pan dengan sedikit minyak sayur atau mentega. Ketika penggorengan sudah benar-benar panas, baru tuangkan adonan pancake.

5. Sabar. Jangan membolak-balik pancake sampai Anda melihat gelembung-gelembung muncul di seluruh permukaannya. Kemudian, setelah membalik pancake dan memasak sisi lainnya, turunkan kadar panasnya sedikit dan jaga jangan sampai gosong. Sapu permukaan wajan dengan tisu kertas sebelum menuang adonan berikutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com