Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Tingkatkan Tabungan, Tekan Pengeluaran!

Kompas.com - 29/02/2012, 15:51 WIB

KOMPAS.com - Sebetulnya, masih ada tahapan yang perlu dilalui terkait dengan kesiapan finansial seseorang untuk membeli rumah. Hal ini terutama berlaku bagi Anda yang tidak memiliki uang tunai untuk membeli rumah, tetapi kondisi finansial sudah cukup aman untuk mengajukan kredit.

Deana Arnett, konsultan dan pakar finansial di Manassas, Virginia, Amerika Serikat, mengatakan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah meningkatkan tabungan dengan mengurangi pengeluaran.

"Evaluasi pengeluaran sepanjang tahun lalu, sedetail mungkin, bahkan hingga pengeluaran sepele sekalipun. Salin catatan ke dalam program Excel untuk memudahkan Anda. Pastikan Anda mencatat daftar pengeluaran selama setahun lalu. Lalu, buat kategori. Dari catatan ini Anda bisa mempelajari pengeluaran apa yang bisa diubah, dihilangkan, atau dikurangi," Arnett menjelaskan.

Dengan membuat evaluasi keuangan ini, lanjut Ernett, Anda bisa lebih terarah menggunakan uang sepanjang tahun ke depan. Tujuannya, Anda mampu meningkatkan tabungan khusus untuk anggaran kepemilikan rumah. Tabungan ini hanya tahapan awal untuk program kepemilikan rumah.

Sementara itu, untuk meningkatkan jumlah anggaran pembelian rumah, Anda bisa memilih berbagai program pembiayaan dari perbankan. Namun, kata Arnett, sebaiknya hindari investasi yang berisiko tinggi, seperti saham atau obligasi, untuk melipatgandakan uang dalam rangka meningkatkan keuangan. Risiko tinggi ini bisa membuat Anda kehilangan uang yang sudah ditabung untuk membeli rumah.

"Sebaiknya, pilih investasi lain yang lebih aman dan berisiko rendah jika tujuannya ingin melipatgandakan uang demi mencapai target pembiayaan kepemilikan rumah," ujarnya.

(Sumber: www.thefrisky.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com