Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kudap Makanan Ini Agar Tidur Pulas

Kompas.com - 28/03/2012, 12:09 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda disarankan untuk minum susu hangat agar lebih nyenyak tidur? Meskipun tidak memahami betul alasan di baliknya, Anda mengikuti saja saran tersebut. Ternyata, minum susu memang cukup membantu agar Anda bisa tidur lebih pulas.

National Sleep Foundation menunjukkan bahwa beberapa cemilan yang dikonsumsi sebelum tidur ternyata bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Anda disaranakn untuk mengonsumsi cemilan yang mengandung protein dan karbohidrat. Karbohidrat dan triptophan akan membantu melepaskan insulin dan merangsang pengeluaran serotonin dan melatonin ke tingkat yang pas untuk membantu tidur Anda. Berikut beberapa contohnya:

1. Almond dan ceri
Almond memiliki kandungan tryptophan dan magnesium. Tambahkan segenggam rice cracker atau santap bersama tart ceri yang mengandung melatonin yang bisa membuat Anda mengantuk dalam waktu singkat.

2. Pisang
Kandungan magnesium dan kalium dalam pisang akan membantu otot yang tegang menjadi rileks sehingga saat tidur. Selain itu otot juga bisa istirahat dan tidur menjadi lelap.

3. Edamame
Bentuk dan rasanya mirip kedelai, dengan rasa yang gurih, namun rendah kalori. Memiliki biji yang besar dan biasanya dimasak dengan cara direbus. Makanan dari Jepang ini biasanya dijadikan cemilan oleh orang yang sedang diet.

4. Oatmeal
Segelas susu hangat bisa membantu orang tertidur. Untuk mendapatkan rasa yang lebih unik, campurkan saja oatmeal ke dalam semangkuk susu. Tambahkan rempah-rempah favorit Anda, kemudian santap selagi hangat. Ini akan membantu tubuh menjadi lebih santai dan mengantuk.

5. Yogurt
Makanan olahan susu ini bisa membantu membuat Anda lebih kenyang dan segera mengantuk, namun tubuh tetap bisa langsing. Yogurt bisa menjadi makanan ideal untuk mendapatkan protein dan karbohidrat dalam satu sajian. Untuk menikmatinya, campur yogurt dengan buah-buahan favorit Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com