Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Seks Butuh "Pelumas"?

Kompas.com - 30/03/2012, 16:45 WIB

KOMPAS.com -  Cairan lubrikasi (pelumas) yang digunakan saat berhubungan seks memengaruhi kepuasan. Pelumas menciptakan kenikmatan yang lebih intens, hubungan intim lebih lama sekaligus dapat menjadi foreplay yang lebih menyenangkan. Untuk membuktikannya, situs Your Tango, meminta pendapat para pakar mengenai fungsi pelumas ini. Apa kata pakar tentang alasan di balik penggunaan pelumas?

* Mempermudah.

Kalau Anda mengalami kondisi kering pada vagina, baik terjadi alami atau akibat penggunaan obat-obatan tertentu, termasuk kondisi yang terjadi mendekati masa menopause, pelumas adalah solusi. Pelumas dapat mempermudah hubungan seks dengan kondisi seperti ini, kata Dr Dorree Lynn, psikolog klinis dan sex coach.

* Mencegah infeksi.
Charlie Glickman, Ph.D, edukator seks dan Education Program Manager Good Vibrations menjelaskan pelumas yang kini tersedia dengan ragam varian rasa membuat seks oral lebih menyenangkan dan jauh lebih aman. Selama ini kebiasaan seks oral dilakukan dengan menggunakan whipped cream atau madu yang dapat menyebabkan infeksi.

Meski saliva kerap dipilih sebagai cara alami mengatasi vagina kering untuk mengurangi rasa sakit saat penetrasi, kehadiran pelumas memberikan solusi berbeda. Selain kenikmatan lebih lama, faktor keamanan dan kenyamanan lebih menjadi pertimbangan pasangan untuk menggunakan cairan lubrikasi saat berhubungan seks.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com