Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membuat Pasta Sendiri

Kompas.com - 04/04/2012, 09:43 WIB

KOMPAS.com - Memasak pasta, seperti spageti atau lasagna, menjadi cara alternatif untuk menyajikan asupan karbohidrat di rumah. Biasanya orang membeli pasta dalam kemasan kering di supermarket, tetapi tak ada salahnya jika sekali-sekali Anda mencoba membuat pasta sendiri.

Michael Symon, host acara Iron Chef America, memberi beberapa tips untuk membuat pasta sendiri.

1. Dalam resep membuat adonan pasta, biasanya digunakan telur utuh. Namun, Symon memilih untuk menggunakan kuning telur saja ketika membuat adonan pasta. "Saya lebih suka menggunakan kuning telur karena akan membuat pasta menjadi lebih gurih dan kaya," tukasnya.

2. Setelah adonan pasta jadi, istirahatkan adonan selama beberapa jam sebelum digiling. Hal ini akan membantu adonan agar lebih kenyal dan mengembang.

3. Ketika akan digiling, jaga adonan agar tidak kering. Siapkan botol semprot atau semangkuk kecil air di samping alat penggiling. Ketika adonan yang sudah digiling ini sedikit kering, semprotkan atau percikkan sedikit air ke adonan untuk menjaga kelembabannya.

4. Untuk membuat pasta yang berisi seperti ravioli, usahakan untuk memberi isi yang cukup banyak dan menyamping sampai ke tepi. "Semakin kecil tepinya, semakin baik ravioli ini, asal jangan terlalu tebal," kata Symon.

5. Untuk membumbui pasta, tambahkan garam ke dalam adonannya. Namun, hindari menambahkan garam dalam adonan secara langsung. Larutkan garam dengan air, baru tambahkan dalam adonan pasta. "Air garam membantu melepaskan pati dalam pasta agar adonan pasta kenyal dan tak mudah putus," sarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com