Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Pap-Smear Cukup Tiap 3 Tahun

Kompas.com - 13/04/2012, 15:40 WIB

KOMPAS.com - Begitu memasuki usia 30-an, wanita yang aktif secara seksual dianjurkan untuk melakukan tes Pap-Smear yang bertujuan untuk mendeteksi virus HPV (human papillomavirus) sejak dini. Semula, para ahli mendorong para wanita untuk melakukannya setiap tahun. Namun belakangan, frekuensi tes diperlonggar menjadi setiap tiga hingga lima tahun sekali.

"Intinya, skrining ini sangat direkomendasikan untuk setiap wanita," kata Dr Virginia Moyer, kepala United States Preventive Services Task Force, sekaligus dokter anak di Baylor College of Medicine dan Texas Children's Hospital, Dallas.

Rekomendasi ini direvisi berdasarkan bukti yang menunjukkan bahwa kanker leher rahim atau kanker serviks sebenarnya adalah jenis kanker yang berkembang lamban. Jadi, kecil kemungkinan Anda akan menderita kanker stadium lanjut hanya dalam beberapa tahun setelah hasil skrining menunjukkan hasil negatif. 

"Wanita yang menderita dan meninggal akibat kanker serviks adalah wanita yang tidak pernah menjalani tes, bukan wanita yang lupa menjalani tes selama beberapa tahun," terang Moyer.

Untuk masalah kriteria usia, menurut Moyer wanita yang berusia 30 tahun tidak perlu menjalani tes untuk HPV, karena penyakit infeksi menular seksual termasuk penyakit yang umum pada kalangan di bawah usia ini. Umumnya, penyakit ini akan hilang dengan sendirinya tanpa meningkatkan risiko kanker.

"Hal yang sama berlaku wanita berusia di atas 65 tahun dan telah menjalani pemeriksaan teratur sebelumnya dengan hasil bagus. Kecuali bila memiliki risiko tinggi, misalnya pernah ditemukan lesi pra-kanker di tubuh mereka," tambah Moyer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com