Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya "Parenting" ala Donna Agnesia

Kompas.com - 13/04/2012, 21:33 WIB

KOMPAS.com - Setiap anak memiliki keunikan, baik dalam potensi maupun karakter yang tak pernah bisa disamaratakan. Dalam sebuah keluarga, si kakak memiliki karakter berbeda dengan si adik, karenanya cara orangtua merespons kebutuhan masing-masing pun takkan sama.

Karena anak memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, setiap keluarga juga punya pola asuh yang tak seragam. Pengasuhan yang cocok diterapkan orang lain, belum tentu bisa diaplikasikan keluarga Anda. Namun tak tertutup juga kemungkinan kalau gaya pengasuhan Anda ternyata bisa diterapkan keluarga lainnya.

Untuk menemukan gaya pengasuhan yang tepat, Anda dan pasangan perlu lebih banyak menggali serta membuka wawasan seluas-luasnya, untuk menemukan formulasi pola asuh terbaik untuk si kecil.

Pengalaman mengasuh anak inilah yang dibagi presenter Donna Agnesia dalam kegiatan Family's Day Out diadakan Mal Ciputra, 11-22 April 2012. Dalam talkshow bertema "Tumbuh Kembang Anak di Usia Emas", Donna berbagi pengalaman mengasuh tiga anaknya, Lionel (5), Diego (3), dan Sabrina (1), mulai pembangunan karakter, kiat membagi perhatian pada tiga anak, hingga konsep pendidikan anak.

Simak gaya pengasuhan anak ala Donna dan suaminya, Darius Sinathrya. Siapa tahu gaya pasangan ini juga cocok diterapkan untuk si kecil di rumah.

* Menjadi teman.
Bersama suaminya, Donna mengaku lebih menganggap anak sebagai teman dalam berkomunikasi sehari-hari. Dengan begitu anak-anak lebih terbuka dan bebas berekspresi.

"Kami tidak bicara seperti anak kecil kepada anak-anak, tapi bicara layaknya dengan teman namun dengan bahasa yang lebih simpel. Sebisa mungkin juga mengurangi kata jangan, walaupun kadang susah mencari kata gantinya. Kalau terlalu sering bilang tidak boleh, anak juga jadi malas bicara dengan orangtua, seperti halnya kita dulu sering dilarang orangtua, akhirnya kita lebih terbuka bicara ke teman daripada orangtua," tuturnya saat talkshow di Atrium Mal Ciputra, Jakarta Barat, Jumat (13/4/2012).

Layaknya berkomunikasi dengan teman, saat anak melakukan kesalahan ajak ia bicara, saran Donna. Alih-alih memarahinya, lebih baik jika berikan alasan jelas saat Anda memeringati si kecil yang berbuat kesalahan tertentu. "Anak-anak sekarang kritis, mereka akan bertanya balik mengapa Anda melarangnya atau memarahinya, mereka mau tahu apa kesalahannya," ujarnya.

* Lebih kreatif.
"Orangtua tidak boleh kalah pintar dan kreatif dengan anak-anak," kata Donna. Ia melanjutkan, "Sebelum tidur, Lionel selalu dibacakan cerita. Kalau tidak ada buku, saya atau Darius mengarang cerita sendiri."

Contoh lainnya, anak-anak tak harus selalu dibelikan mainan mahal sesuai tahapan usia. Orangtua bisa menciptakan mainan sendiri dari apa yang tersedia di rumah.
"Kalau memang mampu ya tidak masalah, namun tak perlu memaksakan diri harus membeli mainan mahal sesuai usia atau perkembangan anak. Kalau pun dibeli, ada jangka waktu yang membuat anak-anak tak selamanya bisa bermain dengan mainan tersebut. Yang penting di sini adalah orangtua harus lebih kreatif," tuturnya.

* Pendidikan dalam keluarga.

Bagi Donna, pendidikan dasar berasal dari dalam keluarga itu sendiri. Meski anak disekolahkan sejak usia dini, keluarga menjadi sumber pendidikan yang sesungguhnya. Meski begitu, ia pun mengakui pendidikan anak di usia dini juga dibutuhkan, seperti preschool. Namun, pastikan orangtua punya tujuan jelas saat mendaftarkan anak untuk mengikuti kegiatan prasekolah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com