Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda, Mainan Wajib untuk Si Kecil

Kompas.com - 16/04/2012, 09:34 WIB

KOMPAS.com - Berbagai jenis permainan anak tersedia di pasaran. Mulai dari yang harganya tergolong murah, hingga mainan premium yang biasanya diperuntukkan sesuai usia dan perkembangan anak.

Anak-anak memang butuh mainan untuk menstimulasi dirinya, dalam rangka mendukung tahapan tumbuh kembang sesuai usia. Pilihan mainan yang tepat membantu perkembangan anak. Meski begitu, orangtua tak lantas harus terjebak dengan permainan anak yang tak terjangkau harganya, meskipun banyak manfaat yang ditawarkannya.

Mainan anak yang dirancang sesuai usia dan perkembangannya memang baik. Namun Anda tak harus membatasi diri hanya dengan mengandalkan mainan semacam itu. Banyak cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu menstimulasi si kecil. "Mainan kreatif tidak harus mahal. Orangtua lah yang harus lebih kreatif menggunakan perlengkapan yang ada di rumah," jelas dr Ariani Dewi Widodo, SpA, dari Klinik Tumbuh Kembang dan RS Grha Kedoya, Jakarta, di sela kegiatan Family's Day Out diadakan Mal Ciputra beberapa waktu lalu.

Perlengkapan rumah tangga dapat digunakan sebagai alat permainan anak. Untuk merangsang indra pendengarannya, Anda bisa menggunakan perlengkapan dapur yang aman untuk dimainkan anak, tentunya dengan pengawasan dan bimbingan.

Meski begitu, bukan berarti Anda sama sekali tak mengeluarkan anggaran untuk membelikan si kecil mainan. Menurut dr Ariani, mainan yang sebaiknya dimiliki anak-anak adalah sepeda. "Jangan pelit beli sepeda. Mainan ini punya banyak manfaat untuk anak di berbagai tahapan usianya," tambahnya.

Bermain sepeda membantu melatih motorik anak, selain juga membantu si kecil untuk mengembangkan kemampuannya dalam merespons berbagai hal di sekitarnya. Bermain sepeda juga melatih refleks dan koordinasi pada anak.

Dengan cara sederhana, bersepeda, anak-anak Anda dapat tumbuh dan berkembang dibantu alat stimulasi multifungsi ini. Selain melatih secara psikis, anak-anak juga sehat secara fisik karena aktif bergerak dengan sepeda kesayangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com