Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Dominique Merawat Rambut Indahnya

Kompas.com - 20/04/2012, 08:48 WIB

KOMPAS.com - Perawakan yang tinggi semampai, dan wajahnya yang selalu ekspresif di depan kamera, membuat karier Dominique Agisca Diyose melambung. Salah satu hal yang menunjang kecantikan orientalnya adalah rambut panjangnya yang hitam berkilau. Namun, perempuan asli Semarang ini mengaku sempat kerepotan untuk merawat keindahan rambutnya.

"Rambut panjang pastinya butuh perawatan dan waktu ekstra dibandingkan dengan rambut pendek, dan tentunya butuh sampo dan kondisioner yang lebih banyak," ungkap Dominique kepada Kompas Female, dalam acara yang diadakan Pantene di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (18/4/2012) lalu.

Meskipun begitu, ia mengaku tak melakukan perawatan khusus untuk rambutnya di salon, dan lebih senang merawatnya sendiri di rumah. "Aku jarang sekali ke salon, paling sebulan sekali tapi itu juga tidak teratur. Aku tipe perempuan rumahan, jadi lebih suka perawatan di rumah saja," tukasnya.

Perawatan yang dilakukannya saat di salon, selain creambath adalah melakukan trimming ujung rambut setiap tiga bulan sekali. Trimming bertujuan untuk menghilangkan ujung rambut yang patah dan bercabang, selain itu agar rambut panjangnya lebih tertata rapi. Sementara itu, di rumah ia cukup keramas dan menggunakan kondisioner setiap dua hari sekali, lalu rutin melakukan masker campuran lidah buaya dan jeruk nipis. Lidah buaya dan jeruk nipis ini dioleskannya setiap sebulan sekali.

"Dari dulu rambutku itu memang lurus dan sudah hitam, namun termasuk rambut kering. Lidah buaya ini bisa membantu menambah kekuatan rambut," ungkap perempuan berusia 23 tahun ini. Setelah diberi lidah buaya, rambut dikeramas lagi dan diberi kondisioner.

Perawatan rambut saat styling
Sebagai model profesional, rambut Dominique tak lepas dari masalah styling rambut. Berbagai penataan rambut, mulai dikeriting, dicatok, disasak, diwarnai, atau di-hairspray, sempat dialaminya. Meski mengaku sempat khawatir rambutnya menjadi kusut dan rusak, namun Dominique memiliki cara sendiri untuk mengatasinya.

Biasanya setelah ditata, rambutnya akan langsung dikeramas. Namun sebelum dicuci dengan sampo, rambut terlebih dulu akan direndam dengan air hangat dan diolesi kondisioner. Hal ini dilakukan untuk melemaskan rambut, dan mengembalikannya ke kondisi normal. Setelah beberapa saat, rambut dicuci kembali seperti biasa dengan sampo dan kembali diberi kondisioner pada batang rambut agar lebih kuat dan terlindungi. Khusus jika jadwalnya sedang padat, Dominique biasanya akan mencuci rambut setiap hari agar tetap bersih dan tidak rusak.

Yang paling penting, jika sedang tak bekerja ia lebih memilih untuk mengeringkan rambut secara alami dengan handuk, dan membiarkannya tergerai tanpa diikat. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu istirahat dan tumbuh alami, serta bebas dari paparan bahan kimia yang bisa membuat rambut rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com