Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susah Tidur Setelah Minum Teh

Kompas.com - 03/05/2012, 18:25 WIB

T: 
Dokter, kenapa ya setiap kali saya meminum secangkir teh di malam hari, saya pasti tidak bisa tidur? Apa benar teh mengakibatkan saya sulit tidur? (Putri Wijaya, via e-mail)

J:
Dear Ibu Putri,
Teh merupakan minuman yang dipercaya memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan. Berbagai penelitian epidemiologi di banyak negara membuktikan bahwa senyawa fitokimia dalam teh berdampak pada turunnya kematian akibat kanker, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Adapun kandungan fitokimia dalam teh seperti  fluoride, asam amino L-theanine, antioksidan flavonoid, quercetin, kaempfrol, myricetin, dan kafein.

Diperkirakan tiap cangkir teh juga mengandung sekitar 15-40 mg kafein. Kandungan kafein ini ditentukan dari lamanya waktu daun teh dikeringkan. Kafein sendiri merupakan suatu zat stimulan susunan saraf pusat yang akan meningkatkan frekuensi nafas, nadi, tekanan darah, serta merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon stres. Dampak yang dirasakan tubuh seperti pusing, jantung berdebar keras, dan insomnia (kesulitan tidur).

Jadi, kesulitan tidur yang Anda alami memang ditimbulkan dari efek kafein yang terdapat dalam teh yang Anda konsumsi. Oleh karena itu saran saya, hindari minum teh pada malam hari, sehingga tidak mengganggu waktu istirahat Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com