Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mencampur Yogurt dalam Masakan

Kompas.com - 10/05/2012, 08:58 WIB

KOMPAS.com - Selama ini yogurt dikenal sebagai makanan prebiotik yang baik untuk pencernaan. Kepopulerannya lantas membuat yogurt dipadukan dengan es krim, menjadi menu frozen yogurt yang disukai semua kalangan. "Yang paling banyak adalah kreasi yogurt untuk makanan penutup atau dessert," tukas Ahmad Nurseha, Executive Chef Sam & Jolly Cafe, di Central Park, Jakarta Barat, Rabu (9/5/2012) lalu.

Namun, yogurt ternyata juga kerap diolah dengan bahan makanan lainnya. Dengan sedikit kreativitas, yogurt bisa dibuat sebagai penambah cita rasa pada makanan seperti nasi goreng, sup krim, atau masakan kari pada hidangan India. Menurut Ahmad, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencampur yogurt dengan masakan:

1. Perbandingan yogurt
Berhati-hatilah ketika mencampurkan yogurt ke dalam makanan, karena bisa-bisa makanan yang dihasilkan akan terasa terlalu asam, atau rasa yogurt-nya kalah dengan bahan lain yang cita rasanya lebih tajam. "Sebelumnya perhatikan dulu, bahan apa yang digunakan dalam makanan tersebut," tambahnya.

Diungkapkan Ahmad, salah cara mengolah juga membuat yogurt menjadi rusak dan berminyak. Tambahan bumbu yang pedas seperti paprika dan cabai akan membuat yogurt jadi lebih berminyak jika perbandingannya tidak tepat. Campuran yogurt yang kurang tepat juga akan membuatnya tertutup oleh bumbu berbau tajam seperti terasi. Untuk kedua jenis kondisi ini, gunakan perbandingan yogurt dan bahan pedas atau tajam sebanyak 1:1.

2. Campuran yogurt
Agar lebih mudah menyatu dengan bahan makanan lainnya, sebaiknya encerkan dulu yogurt yang bertekstur kental ini. Jika digunakan sebagai campuran masakan, larutkan dulu yogurt dengan air hangat dan sedikit olive oil. Campuran ini akan membantu yogurt jadi lebih mudah menyatu dalam masakannya.

Namun jika digunakan sebagai campuran saus, maka tekstur yogurt yang dicampur air tidak akan cocok digunakan. Untuk menghasilkan saus yang sedikit kental, campur yogurt dengan putih telur yang sudah dikocok kaku. Kemudian, campur putih telur dengan yogurt, dan aduk sampai rata. Baru kemudian masak dengan api kecil selama 3 menit agar kedua bahan menyatu sempurna. Campuran yogurt pun siap diolah menjadi saus lainnya.

3. Jangan memasak yogurt
Salah satu hal yang harus diingat adalah untuk tidak memasak yogurt. "Kecuali untuk saus tersebut, yogurt jangan sampai dipanaskan dengan api," saran Ahmad. Jangan menumis yogurt secara langsung di atas pan, atau membuat yogurt langsung terkena api. Hal ini akan membuat yogurt menjadi rusak, berminyak, dan berubah menjadi berbintik-bintik atau pecah seperti santan. Ketika akan mencampur masakan dengan yogurt, yogurt harus dimasukkan pada menit terakhir setelah semua proses memasak selesai dan api dimatikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com