Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghargaan untuk Para Perempuan Inspiratif

Kompas.com - 14/05/2012, 11:41 WIB

KOMPAS.com - Di sekitar kita, ternyata banyak sekali perempuan yang amat peduli dengan perempuan lain di sekitarnya. Mereka mampu mendorong kaum perempuan agar lebih berdaya terhadap diri, keluarga, dan lingkungannya. Untuk mengapresiasi para perempuan inspiratif ini, Tabloid Nova menggelar ajang tahunan Perempuan Inspiratif Nova 2012 yang bertema Perempuan dan Karya.

"Kinerja dan karya perempuan yang punya kiprah di lingkungan, tidak membatasi diri di lingkungan kerja dan mampu memberdayakan perempuan di sekitarnya ini memang patut diapresiasi, agar semakin menginspirasi para perempuan lain untuk bisa memberdayakan lingkungan sekitarnya," ungkap Redaktur Pelaksana Nova, Intan Y. Septiani, dalam acara tahunan yang kali ini di Hotel Shangri-La, Jakarta, Minggu (12/5/2012) lalu.

Ajang penganugerahan perempuan yang sudah berjalan lima tahun ini dibagi menjadi lima kategori yaitu, perempuan dan lingkungan, perempuan dan kesehatan, perempuan dan wirausaha, perempuan dan seni sosial budaya, serta perempuan dan pendidikan ilmu pengetahuan. Para nominee terpilih dari berbagai bidang, setelah mengirimkan tulisan kisah hidup mereka ke redaksi Nova. Ada pula wakil perempuan yang kisah hidupnya memang sudah ditampilkan di tabloid ini selama kurun waktu enam bulan.

"Mereka dipilih karena multitasking dalam berbagai bidangnya, mampu menginspirasi dan memotivasi. Selain itu mereka bisa mengobarkan semangat perempuan untuk memotivasi lingkungan sekitar mereka," tambah Intan.

Pada ajang ini, terpilih 10 perempuan dari seluruh Indonesia yang dinilai pantas menjadi Perempuan Inspiratif Nova 2012, yaitu Marizna (Bakpiapia), Ir Yanti Melianty (Family Resto Amazy), Saidah (pelestari lingkungan laut), Ning Raswani (pendiri Fokal, atau Forum Keluarga dan Anak Cinta Lingkungan), Hj Yeti Indrawati (guru Sekolah Luar Biasa), dan Liliana Tiena Yustika (guru seni dan budaya anak-anak). Saidah, yang berasal dari Pulau Buton, juga dinobatkan sebagai Perempuan Inpiratif pilihan Sariayu.

Nominee Perempuan Inspiratif Nova lainnya adalah Widasari Sri Gitaraja (membantu pembuatan obat luka kanker), Dyah Pratitasari (penggagas gentle birth), Zulaehah Hidayati (penggagas rumah parenting), dan Nury Wahyuningsih (pendidik warga penghuni lapas Mataram).

Selain 10 finalis tersebut, ajang ini juga memberikan penghargaan khusus kepada lima perempuan inspiratif pilihan editor Nova, yaitu Dinda Nawang Wulan (survivor kanker payudara), Lulut Sri Yuliani (penggiat batik mangrove), Aulia (pendiri Kutukutubuku.com), Ina Madjidhan (pengagas gerakan Nasiku Nasimu), dan Claudia Syanny Latief (pemilik Nougat World).

Sebagai penerima penghargaan Lifetime Achievement, terpilih Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Agum Gumelar. Linda dipilih karena perjuangannya dalam membantu kemajuan perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com