Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Nutrisi untuk Kulit Sesuai Usia

Kompas.com - 24/05/2012, 09:18 WIB

KOMPAS.com - Selain menggunakan produk-produk perawatan kulit, kulit yang sehat juga dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. "Kulit juga butuh nutrisi yang maksimal agar bisa tetap sehat dan cantik di segala usia," ungkap Joy Bauer, MS, RD, CDN, pendiri Joy Bauer Nutrition Centers dan penulis buku Food Cures.

Namun, kondisi kulit kita akan berbeda satu seiring dengan bertambahnya usia. Kulit remaja yang cenderung berjerawat, pasti tak akan terjadi lagi saat kita sudah berusia 40-an. Untuk itu kita membutuhkan asupan yang berbeda untuk mempertahankan keremajaan kulit sesuai usia.

1. Remaja usia '20-an
Kebanyakan masalah kulit yang dialami di usia ini adalah jerawat. Membatasi konsumsi gula dalam diet akan membantu mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Karena itu, kurangi asupan makanan atau minuman yang manis seperti minuman bersoda. Untuk mengganti asupan gula dalam tubuh, gantikan dengan cokelat murni, buah beri, dan buah ceri. Semua makanan ini juga mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan kulit.

2. Usia '30-an
Saat menginjak usia '30-an, biasanya perempuan lebih berfokus untuk tampil lebih awet muda. "Untuk mempertahankan cahaya muda di kulit, sebaiknya santap aneka buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung beta-karoten," ungkap Joy. Beta-karoten banyak ditemukan pada makanan yang berwarna oranye seperti wortel, melon oranye, labu kuning, dan ubi jalar kuning. Selain itu beberapa sayuran berdaun hijau gelap akan membantu Anda untuk membersihkan kulit dari sel-sel lama, dan membantu meningkatkan regenerasi kulit.

3. Usia '40-an

Misi utama yang difokuskan untuk perempuan usia ini adalah mengatasi keriput. Joy menyarankan untuk mengurangi kerutan-kerutan halus pada wajah dengan banyak menyantap makanan yang mengandung vitamin C. Beberapa contohnya adalah paprika, kubis, brokoli, buah kiwi, dan jeruk.

4. Usia '50-an
Di usia ini, kulit biasanya sangat mudah kering. Usahakan untuk menghindari kulit yang kering dengan banyak minum. Tambah juga asupan air dalam tubuh dengan menyantap lebih banyak makanan berair, misalnya ketimun, jamur, buah persik, jeruk, anggur, dan buah beri. "Semua buah dan sayur ini memiliki kandungan 90 persen air yang bermanfaat bagi kulit," pungkas Joy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com