Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulur Bedak Hitam ala Andi Natassa

Kompas.com - 08/06/2012, 06:34 WIB

KOMPAS.com - Untuk menjaga kecantikan kulitnya, Andi Natassa mengaku lebih senang melakukan perawatan tubuh dengan bahan-bahan alami. "Salah satu perawatan tubuh yang sering saya lakukan adalah dengan lulur tradisional," tukas Puteri Indonesia Pariwisata 2011 ini, saat konferensi pers menjelang keberangkatannya ke Miss Asia Pacific World 2012 di Taman Sari Royal Heritage Spa, Jakarta, Rabu (06/06/2012) lalu.

Natassa mengaku bahwa ia menggunakan lulur tradisional buatan ibunya, yang disebut bedak hitam. Bedak hitam ini merupakan ramuan lulur tradisional warisan keluarga mereka yang asli Makassar. Diakui Dewi Yasin Limpo, ibunda Natassa, bedak hitam ini bermanfaat untuk membuat kulit lebih bercahaya dan lembut. Biasanya Natassa melakukan lulur bedak hitam ini seminggu sekali.

Untuk membuat bedak hitam ini bahan yang dibutuhkan adalah ketan hitam, kunyit, dan air asam jawa. Sebelum diolah lebih lanjut, ketan hitam ini disangrai (digoreng tanpa minyak) terlebih dahulu sampai berubah warna. Kemudian, ketan hitam yang sudah disangrai dicampur dengan kunyit dan dihaluskan. Setelah halus, tambahkan sedikit air asam jawa agar sedikit encer dan mudah dibalur ke seluruh tubuh.

Bedak hitam ini digunakan dengan cara dibalurkan ke seluruh tubuh sambil digosok seperti cara menggunakan lulur biasa. "Ketika digosok ke tubuh, kotoran akan menghilang, dan aroma tubuh akan berubah menjadi lebih harum," tukas Dewi.

Ia menyarankan untuk menggunakan bedak hitam ini sebelum mandi agar kotoran bisa hilang dan membuat kulit menjadi lebih putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com