Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Hitung Kalori Makanan Padang

Kompas.com - 18/06/2012, 11:25 WIB

KOMPAS.com - Seperti telah disampaikan sebelumnya, makanan enak sebenarnya tak perlu dihindari. Yang penting, makanan tersebut dikonsumsi sesekali saja. Jika mengonsumsinya berlebihan, barulah makanan tersebut akan merugikan kesehatan.

Di Indonesia, makanan enak sangat mudah ditemukan. Tak sedikit yang menganggap aneka makanan ini sebagai makanan favorit, dan mengaku sulit menghilangkannya dari menu makan sehari-hari. Agar kita tetap bisa menikmatinya tanpa takut kelebihan kalori dan lemak, simak berbagai saran dan trik yang diungkap oleh para ahli.

Makanan padang
(Nasi padang ayam pop, 838 Kkal)

Siapa tak kenal jenis makanan ini? Bermula dari tempat asalnya di Sumatera Barat, gerai nasi padang sekarang sudah menjamur di mana-mana, bahkan di luar negeri. Tak bisa dipungkiri, porsinya yang menggunung dan rasanya yang enak sungguh menggugah selera.

Kami memilih nasi padang ayam pop sebagai salah satu menu makanan padang yang paling populer. Setiap porsinya mengandung sekitar 828 kalori. Artinya, sekali menyantap menu ini kita telah mengasup hampir setengah dari total kebutuhan kalori harian. Padahal, dalam sehari kita terbiasa makan tiga kali, ditambah dengan beberapa kali menikmati camilan. Bisa dibayangkan betapa banyaknya asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita dalam sehari.

Tip: Menurut Hindah Muaris, ahli kulinologi dan pakar teknologi pangan dan gizi, dalam menu ini ada dua sumber karbohidrat terbesar: nasi dan perkedel. Agar kalori berkurang, ganti perkedel dengan sayuran. Atau, sebelum menyantap makanan utama, awali dengan sup sayuran. Mengunyah beberapa makanan yang berbeda rasa membantu kita merasa kenyang lebih cepat, kata Susan Roberts, PhD, ahli nutrisi dari Tufts University.

Makanan oriental
(Nasi cap cay, 680 Kkal)

Masakan oriental termasuk salah satu jenis makanan yang banyak disukai di negara ini. Hal ini terbukti dari begitu banyaknya warung dan rumah makan yang menjual makanan seperti nasi goreng, bakmi, dan capcay. Salah satu yang cukup populer adalah nasi cap cay. Sebabnya mungkin karena kita terbiasa makan nasi, dan cap cay yang terdiri atas bermacam sayuran kerap dianggap sebagai sumber serat sekaligus nutrisi.

Sebanyak 70 persen dari seporsi nasi cap cay adalah sayuran yang dimasak dengan cara direbus. Sepintas, menu ini tampak sarat gizi dan rendah kalori. Tapi setelah dihitung, seporsi nasi cap cay mengandung (rata-rata) 680 kalori.  Cukup tinggi, kan?

Tip: Saat makan di restoran oriental, lebih baik pesan satu menu untuk dimakan bersama-sama. Mengapa? Rata-rata restoran membuat satu porsi makanan dengan isi lebih banyak dua sampai tiga kali lipat dari seharusnya, kata Roberts. Daripada memilih nasi yang digoreng, lebih baik memesan nasi kukus karena kandungan lemaknya lebih minim. Pilih juga cap cay yang menggunakan daging ayam, bukans api atau babi, saran para ahli dari American Heart Association. Penggunaan sumpit juga membantu kita mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Proses makan dengan sumpit cenderung lambat, hingga kita lebih mudah merasa kenyang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com