Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Sebab Produk Fashion Lokal Kian Dicari

Kompas.com - 05/07/2012, 10:40 WIB

KOMPAS.com - Serbuan merek asing di industri fashion tak menyurutkan semangat para entrepreneur dan desainer muda Indonesia, yang berkiprah di ranah mode. Desainer busana tak henti mencipta karya, pengusaha mode juga mendukungnya dengan menyediakan berbagai fasilitas, mulai toko hingga portal belanja online produk mode.

Perancang lulusan sekolah mode Esmod Paris, Imelda Ahyar, atau yang lebih dikenal dengan nama Mel Ahyar, mengatakan tiga tahun belakangan busana rancangan desainer lokal semakin digemari. Ia menyebutkan sejumlah alasan di balik pergeseran selera mode masyarakat urban, terutama kalangan muda.

1. Eksklusif
Tampil beda dengan gaya personal menjadi tren belakangan. Produk fashion lokal memenuhi kebutuhan ini. "Brand yang baru muncul produknya eksklusif, diproduksi dengan jumlah yang tidak banyak," kata Mel kepada Kompas Female, usai peluncuran portal belanja online produk fashion lokal di Jakarta, Rabu (4/7/2012) lalu. Eksklusivitas produk lokal dalam arti diproduksi terbatas, sekitar 10-20 item per model, inilah yang membuat setiap orang bisa bergaya dengan keunikannya, tanpa merasa khawatir akan ada banyak orang lain yang berpenampilan serupa dengannya.

2. Kreatif
Mel juga berpendapat, desain produk fashion lokal berasal dari kreativitas tinggi sang perancang muda. Produk fashion lokal memiliki karakter khas, kreatif. Inilah yang disukai penggemar mode dalam negeri terhadap koleksi busana buatan perancang Indonesia. "Tak hanya desain produk yang kreatif, mereka juga mempresentasikan produk dengan cara yang kreatif," tutur Mel.

3. Berkualitas, tapi harga terjangkau
Kualitas tetap menjadi perhatian perancang muda Indonesia dalam mencipta produk fashion. Meski begitu, bukan lantas kualitas tinggi menjadi alasan untuk memasang harga tinggi. Rupanya, produk fashion lokal digemari karena keberanian perancang dan pebisnis mode untuk menghasilkan koleksi busana berkualitas dengan harga terjangkau.

"Harganya bersahabat, jadi anak-anak muda yang tadinya belanja produk tetangga jadi melirik produk lokal," jelas Mel, yang berpengalaman merancang busana kalangan artis, termasuk busana panggung untuk Anggun dalam Konser Kilau Anggun, November 2011, di Jakarta Convention Center.

4. Nasionalisme
Menurut Mel, alasan lain yang membuat produk fashion lokal semakin dicintai kalangan muda adalah karena tingginya rasa nasionalisme. "Generasi muda ternyata juga masih memiliki rasa nasionalisme yang cukup tinggi terhadap produk-produk kreatif lokal, bahkan bangga memakai produk lokal yang berkualitas," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com