Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2012, 12:35 WIB

KOMPAS.com -  Ikan salmon memang terkenal akan dagingnya yang manis, lembut, dan kenyal. Selain itu, ikan ini juga populer karena mudah diolah dengan berbagai cara, mulai disantap mentah, digoreng, dikukus, hingga dibakar. Akan tetapi, Dwi Irawan, sushi chef dari Poke Sushi, mengungkapkan bahwa untuk menghasilkan sashimi salmon yang nikmat, hindari mencuci daging salmon yang sudah dipotong-potong.

Jika ingin mencuci salmon, sebaiknya cuci ikan dalam keadaan utuh dan belum dibersihkan. "Setelah dibersihkan, hilangkan sisik dan juga bagian dalam perutnya, baru kemudian dipotong," jelasnya.

Mencuci daging salmon yang sudah di-fillet dan dipotong-potong akan membuat daging salmon jadi kurang enak. Untuk membuat sashimi sendiri di rumah, sebaiknya hindari membeli salmon yang sudah dipotong di supermarket karena dikhawatirkan rasanya kurang enak. Selain itu, Chef Dwi juga mengungkapkan bahwa sebenarnya daging salmon di supermarket tidak digunakan untuk sashimi, melainkan diolah matang.

Ada beberapa akibat yang akan terjadi ketika daging salmon ini dicuci setelah dipotong:

1. Mengurangi rasa
Ketika daging salmon dicuci, air akan menghilangkan rasa manis dari daging. Daging pun menjadi hambar dan kurang nikmat disantap karena jus dagingnya berkurang.

2. Dagingnya hancur
Daging salmon memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah hancur. Karena terlalu lembut, daging ini sangat mudah hancur jika mengalami tekanan yang terlalu besar seperti pencucian. "Proses membolak-balik daging ikan saat dicuci juga akan membuat daging menjadi lebih rapuh dan mudah hancur sehingga tampilannya tidak menarik dan utuh lagi," jelasnya.

3. Warnanya pudar
Selain mengurangi rasa manis ikan, proses pencucian juga akan menghilangkan warna merah jambu yang khas pada daging ikan ini. Ketika dicuci, warna daging akan memudar mirip seperti daging yang tak segar. Pudarnya warna daging ikan akan membuat tampilan jadi kurang menarik dan segar.

4. Berlendir
Pada beberapa jenis daging lain, proses pencucian akan membersihkan dan menghilangkan lendir pada kulit ikan. Namun tidak demikian dengan daging ikan salmon. Proses pencucian daging justru akan membuat kelenjar lendir di dalam daging menghasilkan lebih banyak lendir lagi dibandingkan daging yang tidak dicuci. "Untuk menghilangkan lendir ini, sebaiknya ikan jangan dicuci, melainkan dikeringkan dengan lap kering yang halus dan bersih," saran Dwi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com