Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2012, 19:02 WIB

KOMPAS.com - Make up untuk remaja menonjolkan riasan natural, dengan pilihan warna yang lembut dan aplikasi ringan. Fokusnya pun lebih menyasar area mata dan area T pada wajah.

Merry Melinda, make up artist penulis sejumlah buku tata rias wajah, mengatakan riasan ringan dan natural ini cocok diaplikasikan untuk kebutuhan perempuan bekerja yang ingin terlihat segar namun tak ber-make up tebal.

"Riasan remaja cocok untuk dewasa, juga untuk riasan ke kantor. Karena tidak semua orang suka dandan berat namun tetap ingin kelihatan lebih segar," jelasnya seusai workshop "Perfect Wedding & Pre Wed Make-Up, Make-Up for Teens, Everyday Make-Up" bersama penulis buku kecantikan Ade Aprilia, di acara Beauty Festival Gramedia Pustaka Utama, di Hotel Santika Premiere, Jakarta, Selasa (17//2012).

Merry menjelaskan karakter riasan remaja mengandalkan aplikasi eyeliner. Terutama pada bagian dalam garis mata atas untuk memberikan kesan segar, ringan, dan natural.

Foundation juga tetap dibutuhkan namun aplikasikan setipis mungkin di bawah mata untuk menyamarkan lingkaran hitam, selain juga di bagian hidung, dagu, dahi dan sedikit pada tulang pipi.

Bagian alis juga mendapat perhatian. Namun biasanya, dalam merias alis remaja lebih memilih penggunaan eyeshadow yang diaplikasikan dengan kuas dibandingkan pensil alis.

Sementara untuk lipstik, riasan ala remaja ini menggunakan warna cenderung pucat atau sesuai warna bibir. Pemulas bibir warna pink menjadi pilihan favorit, selain lip gloss (pelembab bibir) berwarna. Sedangkan blush on juga dipakai namun yang berfungsi sebagai shimmering saja dengan aplikasi tipis.

Riasan ala remaja ini dapat menjadi alternatif make up harian untuk bekerja yang sedikit lebih tebal. Pada kesempatan yang sama, Merry juga memeragakan tata rias wajah harian untuk perempuan kantoran yang lebih formal.

"Make up harian untuk kantoran biasanya menggunakan bedak dan foundation yang lebih penuh, namun tetap diaplikasikan samar, pilihan warnanya pun masih natural. Tapi daily make up lebih tebal daripada riasan remaja, dan biasanya cocok untuk mereka yang bekerja di bank atau mereka yang membutuhkan tata rias cenderung formal," jelas Merry.

Ia menambahkan pada riasan harian formal ini, make up mata biasanya lebih menonjol dengan aplikasi lebih tebal pada maskara, eyeshadow dan eyeliner.
Seperti apa riasan yang paling cocok untuk Anda? Tentunya kembali kepada selera juga kebutuhan di tempat Anda bekerja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com