Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Left 4 Dead 2" Sambangi Linux Ubuntu

Kompas.com - 19/07/2012, 12:00 WIB

KOMPAS.com – Tidak banyak perusahaan game besar yang mau berinvestasi di ranah sistem operasi Linux.

Oleh karena itu, langkah perusahaan game Valve yang terkenal dengan game Half Life (dengan mod Counter-strike yang pasti dikenal gamer) untuk menjejakkan kakinya ke distro Linux Ubuntu sangat mengejutkan.

Tidak tanggung-tanggung, Valve melakukan port Steam (sistem aktivasi game dan toko online) dan game engine (program penggerak game) Source ke Ubuntu.

Melalui langkah tersebut, Valve juga menyertakan game shooter zombie paling terkenalnya Left 4 Dead 2 ke dalam Ubuntu. Melalui Steam versi Ubuntu, pengguna OS ini dapat ikut serta memainkan game yang sebelumnya hanya dapat dinikmati oleh pengguna PC dan Mac saja.

Saat ini developer Valve masih berusaha meningkatkan performa frame-rate dari game tersebut di platform Linux.

Selain itu, game ini juga akan diberikan fitur SteamPlay. Jadi, pengguna yang telah memiliki game tersebut di platform Windows atau Mac dapat langsung mengunduhnya di Ubuntu tanpa biaya alias gratis!

Saat ini, Valve hanya terbatas pada port untuk Ubuntu saja dan dapat berjalan juga di Linux Mint. Namun, Valve menyatakan komunitas Linux dapat dengan bebas memodifikasinya supaya berfungsi di distro Linux lain, seperti Red Hat/ edora dan SuSE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com