Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2012, 16:41 WIB

KOMPAS.com - Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) tingkat daerah terus bergulir. Giliran Sulawesi Selatan yang mengadakan pemilihan untuk mencari sosok perempuan muda berpotensi dari daerah untuk berkompetisi di tingkat nasional pada Februari 2013 mendatang.

Perempuan kelahiran Makassar, 15 Juni 1992, Ayu Monalisa, berhasil menyabet gelar Puteri Indonesia Sulawesi Selatan 2012. Ayu menyisihkan 21 finalis lain berasal dari Makassar, Gowa, Sinjai, Tana Toraja dan beberapa kabupaten lainnya. Terpilihnya Ayu menempatkan grand finalis lainnya berada dalam posisi Runner Up I: Afriani Nasir dan Runner Up II: Ria Afrilia.

“Kelebihan saya adalah mampu bermain teater, modeling dan mampu berbicara di depan umum,” tutur Ayu saat menjawab pertanyaan juri di babak tiga besar.

Ayu tak terlalu menonjolkan diri pada malam final, namun dukungan terhadapnya mulai terlihat sejak finalis bernomor urut 10 ini masuk dalam lima besar. Ttamu undangan yang menghadiri malam Grand Final, memberikan dukungan saat ia memasuki tahap tiga besar. Namun, juri PPI 2012 Daerah Sulawesi Selatan telah melihat potensi dalam diri Ayu sejak babak lima besar.

Tim juri terdiri dari Budayawan Sulawesi Selatan Syahriar Tato, Ketua STIM Nitro Agus Arman, Sekretaris Dewan Juri dari PT. Mustika Ratu, Tbk Diki Wachyudi, dan Isabella Gosali dari John Robert Power.

Puteri Indonesia Pariwisata 2011 Andi Natassa menyematkan mahkota Puteri Indonesia Sulawesi Selatan kepada Ayu, perempuan yang menyiapkan diri selama dua tahun untuk mengikuti ajang PPI ini.

Ayu bersama finalis lainnya melewati tahapan seleksi hingga masa pembekalan yang dilakukan pada 9-11 Juli 2012 di Makassar. Pakar kebudayaan, akademisi, praktisi media dan kecantikan turut andil dalam membekali perempuan muda untuk berkiprah di pemiihan kecantikan tingkat nasional, bahkan internasional nantinya.

Bersama finalis dari berbagai provinsi lainnya, Ayu akan menunjukkan kualitas dirinya di Jakarta untuk meraih mahkota Puteri Indonesia 2012, yang berkesempatan mengikuti ajang Miss Universe 2013.

Berikut Pemenang Pemilihan Puteri Indonesia Sulawesi Selatan 2012:

Puteri Indonesia Sulawesi Selatan 2012: Ayu Monalisa
Runner Up I: Afriani Nasir
Runner Up II: Ria Afrilia
Puteri Favorit: Dwi Eka Paramitha
Puteri Berbakat: Monica Jenifer Siandita
Puteri Persahabatan: Amelia Suwardi, SH
Puteri Busana Adat: Siti Fatimah
Puteri Fotogenik: A. Meilia Gista Aulia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com