Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2012, 16:07 WIB

KOMPAS.com — Berlibur bersama pasangan seharusnya menjadi masa yang indah. Meski demikian, berlibur bersama pasangan yang rencananya untuk senang-senang serta menghilangkan stres justru bisa menyulut pertengkaran.

Menurut penelitian terbaru, pertengkaran mudah tersulut oleh bikini dan mata pria. Alasan utama meledaknya pertengkaran saat liburan adalah menangkap basah pasangan ketika menikmati pemandangan indah perempuan berbikini di pantai.

Peringkat kedua yang paling sering menjadi alasan adu mulut dengan pasangan adalah pria lebih suka melakukan kegiatan yang aktif, sedangkan perempuan lebih memilih ke lounge ataupun bersantai di samping kolam renang atau di pinggir pantai. Penyebab berikutnya yang sering jadi pencetus pertengkaran adalah saat memutuskan tempat makan dan jenis makanan yang diinginkan. Menurut riset, alasan keempat yang timbul dari pertengkaran penyebabnya adalah konsumsi alkohol.

article-2184921-146BA9FF000005DC-660_468x545 (Paris Hilton dan kekasihnya Frederick terlihat bahagia, tapi 79 persen pasangan mengaku memiliki setidaknya dua argumen besar saat istirahat)

Membaca peta dan mengemudi adalah sumber perselisihan selanjutnya saat berlibur keluar negeri. Terakhir adalah packing (berkemas) juga menjadi sumber ketegangan dalam berlibur. Menurut penelitian, packing terlalu sedikit atau terlalu banyak yang sering menjadi pemicu adu mulut saat berlibur.

Selain itu, berdandan terlalu lama, menghabiskan terlalu banyak uang, sampai masalah ke bandara tepat waktu dan masalah dengan mata uang juga menjadi jawaban yang diberikan oleh 1.000 warga Inggris dalam survei yang digelar sebuah situs perjalanan Latedeals.co.uk.

Calum Macdonald dari Latedeals berkata, "Semua orang memiliki ide mereka sendiri tentang sebuah liburan yang sempurna. Jika kenyataannya tidak sesuai harapan maka pertengkaran pun meledak."

Kesimpulan dari hasil penelitian ini terungkap, 79 persen pasangan mengaku memiliki setidaknya dua argumen besar saat berlibur berduaan lebih dari dua minggu. Sedangkan 62 persen mengaku, mereka berselisih setiap hari selama liburan. Fakta lain yang mengejutkan adalah 6 persen dari pasangan bahkan pindah ke kamar yang terpisah selama liburan mereka karena ketegangan yang belum terselesaikan.

"Sangat mengejutkan begitu banyaknya pasangan yang justru bertengkar saat berlibur. Jawaban dari masalah ini adalah kompromi. Salah satunya mungkin dengan menemukan resor yang menawarkan berbagai kegiatan untuk memenuhi semua selera sehingga tidak ada yang merasa tidak puas."

(Foto: Dailymail)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com