Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memanjakan Lidah dengan Citarasa Orisinal Thailand

Kompas.com - 05/09/2012, 11:20 WIB

KOMPAS.com - Hidangan khas Thailand memiliki citarasa yang kaya rempah, pedas, asam, manis, sedikit asin. Citarasa yang juga banyak ditemui di aneka jenis masakan Indonesia. Tak heran jika kemudian masakan khas Thailand dijadikan tema bulanan restoran di Jakarta, untuk memanjakan lidah penggemar kuliner di ibukota.

Java Restaurant di Hotel InterContinental MidPlaza Jakarta kembali menyajikan menu pilihan. Sepanjang September 2012, Anda bisa menikmati ragam pilihan masakan khas Thailand. Program "Taste of Thailand" dapat dinikmati dalam sajian buffet untuk makan siang dan makan malam, mulai Rp190.000.

Untuk menghadirkan hidangan Thailand yang otentik, InterContinental mendatangkan langsung dua chef dari Bangkok. Chef Saranya Suttanaka dan Chef Sittiwong Wongprom, meracik ragam makanan khas yang menggoda selera.

Menurut Saranya, dari berbagai hidangan yang tersaji, ada beberapa menu favorit yang paling digemari masyarakat Thailand. Di antaranya Tom Yam Gai (sup ayam jamur), Noodle Glass with Seafood Salad, juga Som Tam (Papaya Salad yang pedas dan segar), Seafood Salad.

Untuk sup, Anda bisa memilih dua citarasa. Jika suka sup ayam berkuah bening yang segar dengan bumbu rempah, Anda bisa menikmati Tom Yam Gai. Kalau Anda lebih suka kuah sup yang berlemak dengan rasa pedas asam lebih menonjol, pilih saja sup seafood jamur.

Sebagai pendamping hidangan utama, juga bisa dipilih sebagai hidangan penutup, Anda bisa menikmati Papaya Salad yang khas. Khusus hidangan yang satu ini, cocok untuk Anda yang menyukai rasa pedas.

Potongan buah pepaya hijau dan oranye segar yang disuir halus, bercampur dengan bumbu yang ditumbuk kasar, dari cabai rawit, bawang putih, tomat, kacang goreng, juga campuran potongan kacang panjang.

"Som Tam cocok untuk diet, menggunakan sayuran dan buah. Pepaya bisa diganti apel yang dipotong dadu," tutur Saranya kepada Kompas Female di pembukaan program Taste of Thailand di Hotel InterContonental MidPlaza Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kalau Anda masih asing dengan hidangan Thailand, beberapa makanan ini bisa jadi pilihan: Tod Man Pla (ikan goreng bumbu pedas asin), Panaeng Gai (kari kering dengan ayam), Pad Kapao Talay (seafood pedas goreng dengan kemangi), dan untuk minuman Anda bisa mencoba Gluay Blued Chee (campuran pisang dan sirup kelapa).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com