Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2012, 18:24 WIB

KOMPAS.com – Anda mungkin sudah berusaha melakukan pola makan yang benar. Berdiet seimbang demi kesehatan, juga demi bobot tubuh agar tidak membengkak. Plus olahraga yang teratur. Anda tahu dengan pasti berdiet dan olahraga yang rutin adalah rumus dari tubuh sehat dan berat badan ideal.

Saat ini kesulitannya adalah tetap setia pada jadwal olahraga. Namun, ada kabar baik dari sebuah studi baru yang menemukan Anda dapat membakar hingga 200 kalori ekstra sehari setelah berolahraga dengan melakukan latihan hanya 2,5 menit.

Dalam studi ini, peneliti dari Colorado State University dan University of Colorado berusaha melacak banyaknya energi yang dibakar peserta pada dua hari yang berbeda.

Hari pertama, mereka melakukan latihan interval pada sepeda stasis. Besoknya, mereka tidak melakukan olahraga sama sekali.

Para ilmuwan menemukan bahwa peserta, membakar kalori terbanyak pada saat latihan. Jadi meskipun Anda hanya berlatih sprint selama 30 detik dengan tambahan mengayuh lambat selama empat menit, sehari setelah latihan di gym kemarin, Anda tetap membakar kalori lebih banyak dibandingkan bila Anda absen bergerak pada hari berikutnya.

Perlu dicatat aturan bergerak setidaknya 30 menit sehari itu tetap penting. Namun, jika waktu Anda kebetulan sempit jangan bolos latihan. Lakukan saja latihan singkat, lalu beraktifitas seperti biasa. Toh, Anda bisa berolahraga lebih lama besoknya saat sudah tak terlalu sibuk. Intinya jangan berhenti bergerak ya, biar tetap langsing dan sehat.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com