Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2012, 17:04 WIB

KOMPAS.com - Mendapatkan tawaran pekerjaan dari rekomendasi mantan dosen atau lainnya, tentunya membuka kesempatan lebih besar untuk fresh graduate dalam memasuki dunia kerja. Jika sudah melamar dan mendapatkan kesempatan wawancara, lalu Anda merasa kurang sreg terutama karena ketidakcocokan saat negosiasi gaji, Anda berhak mengundurkan diri dengan cara yang elegan. Hal ini pun berlaku pada fresh graduate yang belum berpengalaman sekalipun.

Praktisi Sumber Daya Manusia Experd, Donna Turner mengatakan sebagai fresh graduate, Anda boleh dan berhak mengundurkan diri bila merasa tidak cocok dengan nominal gaji yang ditawarkan. Kemudian, Anda bisa mempertimbangkan melakukan sejumlah hal berikut ini kalau memang sudah memiliki keputusan final, bertekad mundur dari pekerjaan tersebut, karena ketidaksesuaian gaji:

* Sampaikan sesegera mungkin dengan cara sopan, bahwa saat ini Anda belum merasa cocok dengan penawaran gaji yang diajukan. Sehingga Anda memutuskan untuk tidak bergabung di perusahaan tersebut, saat ini.

* Sampaikan terima kasih atas kesempatan wawancara yang diberikan kepada Anda. Lakukan penolakan dengan profesional, menggunakan kata-kata yang baik, sehingga Anda berpeluang mendapat impresi yang baik. Hal ini juga membuka peluang Anda dan perusahaan tersebut membina jaringan dan hubungan baik, untuk kepentingan kedua pihak di masa depan.

* Untuk menjaga hubungan baik dengan mantan dosen atau pihak lain yang merekomendasikan Anda, ajukan permintaan bertatap muka dengannya. Nyatakan terima kasih atas peluang yang diberikan kepada Anda. Karena ada hal yang sifatnya esensial, Anda terpaksa tidak bisa memenuhi tawaran di perusahaan tersebut.

* Bila tidak memungkinkan bertemu langsung, Anda bisa mengirimkan surat menyatakan apresiasi atas rekomendasi dan tawaran pekerjaan tersebut. Dengan pemberitahuan ini, pihak yang merekomendasi Anda tetap bisa menjaga hubungan baik dengan perusahaan tersebut, serta berpeluang merekomendasikan kandidat lain yang dikenalnya untuk mengisi posisi kosong.

(Majalah Chic)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com