Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2012, 09:17 WIB

KOMPAS.com - Kabar duka datang dari Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI). Salah satu desainer senior Indonesia, Dandy Burhan, meninggal dunia pada Kamis (8/11/2012) lalu. Keterangan ini disampaikan saat show IPMI yang digelar pada hari Jumat (9/11/2012) malam.

"Mas Dandy Burhan meninggal karena penyakit kanker pembuluh darah," ungkap desainer Era Soekamto kepada Kompas Female, melalui pesan singkatnya.

Desainer senior ini merupakan sosok yang banyak berjasa bagi perkembangan dunia fashion, khususnya bagian pendidikan. Ketika dunia fashion belum berkembang seperti sekarang ini, kesempatan para desainer muda untuk berkembang sangatlah kecil, namun Dandy membantu dan menyemangati para desainer muda untuk tetap berkarya dan meraih kesempatan di dunia profesional.

"Di awal karier saya pada tahun 1997, mas Dandy adalah mentor saya dan Liliana Liem. Dan ia merupakan orang yang sangat berjasa bagi perkembangan karier saya, " jelas Era.

Semasa hidupnya, Dandy dipandang sebagai seorang guru yang keras, tidak pelit ilmu, dan selalu memberikan banyak peluang maju kepada teman-teman lainnya. Selain itu, ia juga merupakan sosok yang sangat bersahabat bagi para desainer, khususnya desainer IPMI. Adrianto Halim, Susan Budihardjo, dan Widhi Budimulya adalah beberapa sahabatnya.

Diungkapkan Era, sampai saat ini jenasah masih disemayamkan di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat. Sesuai permintaan almarhum sebelum meninggal, jenasahnya dikremasi pada hari Minggu (11/11/2012). Selamat jalan Dandy Burhan....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com